Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sebanyak 98 Ekor Kambing di Kebumen Mengikuti Kontes Festival Kambing Peranakan Etawa

Kontes Festival Kambing Peranakan Etawa

KEBUMEN – Sebanyak 98 ekor kambing mengikuti kontes Festival Kambing Peranakan Etawa. Kambing-kambing tersebut terdiri dari 58 ekor kambing jantan dan 40 ekor kambing betina. Festival perdana tersebut berlangsung di Alun-alun Kebumen, Minggu (4/9/2022).

Selain lomba, festival yang berlangsung dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB ini memuat pemilihan kambing PE favorit, edukasi kambing seni kontes, perawatan kambing kontes, dan diskusi perkembangan.

Festival dihadiri Wakil Bupati Kebumen, Hj Ristawati Purwaningsih SST MM, yang juga membuka kegiatan tersebut. Acara tersebut juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kebumen serta beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Kebumen.

Tampil sebagai juara favorit yang dipilih oleh Bupati Kebumen adalah kambing nomor 30 Wiro Kalipuru, Kebumen.



Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih saat membacakan sambutan tertulis, Bupati Kebumen menyambut baik festival tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan harga kambing etawa hibrida dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan peternak.

Setidaknya di Kabupaten Kebumen saat ini sekitar 88.388 ekor kambing. Hal ini membuktikan bahwa Kebumen merupakan daerah yang cocok untuk pengembangan kambing etawa hibrida.

Selain kambing, Kebumen juga memiliki galur ternak Sapi Peranakan Ongole (PO) yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 358/Kpts/PK.040/6/2015 yang merupakan galur lokal sapi Indonesia.

“Kebumen juga ditetapkan sebagai daerah pembibitan untuk sapi perah,” katanya.

Ia mengatakan, konservasi kambing etawa hibrida dan sapi PO Kebumen harus terus dilakukan. “Jadi mudah-mudahan ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Kebumen pada umumnya dan peternak pada khususnya,” ujarnya.

Foto: doc. kebumenupdate.com

BACA JUGA  Setiap Sekolah di Kebumen Diminta Ada Ekstrakurikuler Pencak Silat

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...