Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sejumlah Kereta Reguler Kembali Beroperasi

PURWOKERTO, Jowonews- KA Sawunggalih relasi Kutoarjo-Purwokerto-Pasarsenen dan KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Kroya-Surabaya Gubeng-Ketapang akan beroperasi kembali.

Hal tersebut disampaikan Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Senin (3/8).

Sebelumnya operasional kereta banyak yang dihentikan untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran penyakit Covid-19

Namun pengoeperasian dua KA reguler tersebut, kata Supriyanto, untuk sementara hanya dijalankan setiap akhir pekan saja. Yakni pada tanggal 7-9, 14-16, 21-23, dan 28-30 Agustus 2020.

Selain dua KA tersebut, lanjut dia, sejumlah kereta api reguler jarak jauh yang melewati wilayah KAI Daop 5 Purwokerto juga akan kembali dioperasikan pada Agustus. Yakni KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong, KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan-Pasarsenen, dan KA Mataram relasi Pasarsenen-Solo.

“Sama halnya dengan KA Sawunggalih dan KA Wijayakusuma, pengoperasian KA Pasundan hanya dilakukan setiap akhir pekan. Yakni pada tanggal 7-9, 14-16, 21-23, dan 28-30 Agustus 2020. Sementara untuk KA Senja Utama Solo dan KA Mataram hanya dioperasikan pada tanggal 9, 17, 23, dan 30 Agustus 2020,” katanya, sebagaimana dilansir Antara.

Lebih lanjut, Supriyanto mengatakan KAI sebelumnya telah mengoperasikan kembali sejumlah kereta api reguler jarak jauh dan menengah. Baik yang beroperasi setiap hari maupun hanya pada hari Kamis hingga Senin.

Menurut dia, kereta api reguler jarak jauh dan menengah yang telah dioperasikan kembali setiap hari di antaranya KA Bengawan relasi Purwosari-Purwokerto-Pasarsenen, KA Serayu Pagi relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen. Lalu KA Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong, serta KA Kamandaka relasi Purwokerto-Semarang.

Sementara untuk kereta api yang dioperasikan setiap hari Kamis hingga Senin, yakni KA Bima relasi Gambir-Malang PP, KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir. Berikutnya KA Joglosemarkerto relasi Purwokerto-Solo-Semarang-Purwokerto, dan KA Kamandaka Malam relasi Semarang-Purwokerto.

BACA JUGA  Kepala Daerah se-Jateng Diminta Perketat Protokol Kesehatan

“Selama bulan Agustus ini, KA Bima, KA Turangga, KA Joglosemarkerto, serta KA Kamandaka Malam dijalankan pada tanggal 6-10, 13-17, 19-24, dan 27-31,” jelasnya.

Menurut dia, tiket untuk seluruh KA yang telah dioperasikan kembali tersebut dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Terapkan Protokol Kesehatan

Kendati demikian, dia mengatakan KAI hingga saat ini masih menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam perjalanan. Calon penumpang harus menunjukan surat keterangan bebas dari Covid-19, wajib memakai masker, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat Celcius.

Penumpang juga harus dalam kondisi sehat. Yakni tidak demam, batuk, flu, dan sesak napas.

Selain itu penumpang juga dikenakan aturan untuk memakai pakaian lengan panjang.

“Pelanggan kereta api jarak jauh juga diharuskan mengenakan face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Bagi pelanggan dewasa, face shield  akan disediakan KAI. Sedangkan penumpang yang usianya di bawah tiga tahun agar membawa face shield pribadi,” katanya.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...