Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sejumlah Wilayah Banyumas Diterjang Puting Beliung

SEMARANG, Jowonews.com – Sejumlah wilayah di Kabupaten Banyumas Minggu (29/1) diterjang angin puting beliung.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Prasetyo Budi Widodo memgatakan, berdasarkan laporan yang kami terima, angin puting beliung yang disertai hujan lebat melanda Kecamatan Karanglewas dan Kedungbanteng.

Ia mengatakan angin puting beliung di Karanglewas merobohan sebuah papan reklame berukuran besar di dekat pasar setempat hingga ke jalan namun tidak menimpa kendaraan.

Pihaknya bersama petugas Dinas Perhubungan dan Kepolisian Sektor Karanglewas masih berupaya mengevakuasi papan reklame yang roboh agar tidak mengganggu arus lalu lintas di jalan utama Ajibarang-Purwokerto itu.

Selain merobohkan papan reklame, lanjutnya, angin puting beliung juga memorakporandakan atap Balai Desa Karanglewas Kidul serta rumah-rumah warga.

Sementara di Desa Karangsalam RT 04 RW 01, Kecamatan Kedungbanteng, seorang warga bernama Rusiwen (51) dilaporkan terluka akibat tertimpa tembok rumah yang roboh.

“Tembok rumah itu roboh setelah tertimpa pohon yang tumbang akibat angin puting beliung. Saat ini, korban sudah dievakuasi ke rumah sakit,” katanya.

Prasetyo mengatakan hujan lebat yang terjadi sejak Minggu (29/1) siang juga mengakibatkan Kali Pucung di Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat, sehingga sempat menggenangi puluhan rumah di wilayah itu.

Menurutnya, enam rumah di Kelurahan Purwokerto Wetan, Kecamatan Purwokerto Timur, juga terendam banjir akibat luapan Kali Putih.

“Bahkan, satu rumah warga di Kelurahan Purwokerto Wetan dindingnya dilaporkan jebol akibat luapan Kali Putih,” imbuhmya.

Pihaknya hingga saat ini masih mendata jumlah rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung maupun rumah yang terendam banjir. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...