Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sekolah Diminta Jalankan Ekstrakurikuler Musik Tradisional

MAGELANG, Jowonews.com – Sekolah di Kota Magelang diminta untuk melaksanakan ekstrakurikuler musik tradisional sebagai bagian upaya mendidik anak-anak melestarikan budaya bangsa.

“M elalui ekstrakurikuler musik tradisional bisa memunculkan ketertarikan dan kebanggaan siswa untuk memainkan alat musik tersebut,” kata Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito saat kunjungan ke SD Negeri Rejowinangun Selatan 3 dan 4 di Magelang, Senin (17/10).

Saat Wali Kota Sigit bersama sejumlah pejabat pemkot lainnya berkunjung ke sekolah itu, para siswa memainkan sejumlah nomor musik angklung. Sejak tiga tahun terakhir, pengelola sekolah tersebut mengajarkan ekstrakurikuler musik angklung kepada siswa kelas IV dan V.
Ia mengatakan kegemaran bermain musik tradisional perlu ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini. “Seni tradisional jangan sampai ditinggalkan meski sekarang era sudah berubah, serba digital,” katanya.

Ia mengharapkan sekolah-sekolah lainnya di kota itu menerapkan hal yang serupa dengan SD Negeri Rejowinangun Selatan 3 dan 4 terkait dengan pelajaran ekstrakurikuler seni tradisional.”Musik tradisional banyak macamnya, salah satunya angklung. Seni lainnya seperti karawitan juga bisa kita kenalkan sejak dini agar bisa terus lestari,” ujarnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...