Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sekolah Jangan Lakukan Pungli

MAGELANG, Jowonews.com – Sekolah juga seringkali terjadi pungutan liar (pungli). Untuk itu pihak sekolah diingatkan untuk tidak melakukan pungli terhadap siswanya.
Walikota Magelang Sigit Widyonindito mengingatkan para pengelola berbagai sekolah di daerah itu untuk tidak melakukan praktik pungutan liar kepada para siswanya agar nilai-nilai terkait dengan pendidikan tidak tercoreng.

“Saya pikir semua sudah paham, pungli dalam bentuk apapun tidak diperbolehkan, apalagi terjadi di sekolah yang tentunya bisa mencoreng citra pendidikan,” katanya di Magelang, Senin (31/10).

Ia mengatakan hal itu ketika kunjungan secara mendadak di SD Negeri Kramat 5, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah. Ikut dalam kegiatan itu, antara lain Wakil Wali Kota Windarti Agustina dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Ia menjelaskan oknum pengelola sekolah yang melakukan pungli akan dikenai sanksi sesuai ketentuan. Gerakan pemberantasan praktik pungli yang sedang dilaksanakan secara serius dari tingkat pusat hingga daerah oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Ia menjelaskan jika kebutuhan sekolah sudah dibiayai dengan BOS, guru tidak boleh lagi menarik iuran dari siswa atau orang tua murid. “Gunakan bantuan tersebut sesuai dengan ketentuan, jangan sampai berbenturan dengan aturan yang bisa timbul masalah di kemudian hari,” jelasnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...