Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Semarak Pemilu 2024, Kota Semarang Gelar Lomba TPS Unik untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Lomba TPS Unik

SEMARANG – Kota Semarang kembali menggelar inisiatif menarik untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum 2024. Salah satunya adalah dengan mengadakan lomba Tempat Pemungutan Suara (TPS) unik, sebagai upaya untuk meningkatkan semangat memilih.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, atau yang akrab disapa Ita, menjelaskan bahwa setiap TPS akan dinilai berdasarkan kreativitas dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

“Kami mengadakan lomba ini agar partisipasi masyarakat semakin meningkat, dan kami ingin memberikan apresiasi kepada yang terbaik,” ujarnya.

Langkah ini juga sejalan dengan arahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara pada pemilu. Menurut Ita, pada Pemilu 2019, partisipasi pemilih di Kota Semarang hampir mencapai 80 persen, dan pemerintah berharap dapat meningkatkannya lagi pada tahun ini.

Dalam upaya mencapai target tersebut, kreativitas dianggap sangat penting. Salah satu contoh yang disebutkan adalah TPS dengan tema horor pada Pemilu 2019, di mana petugas KPPS berpakaian layaknya hantu. “Kami ingin melihat konsep-konsep kreatif seperti ini digunakan di setiap TPS,” tambahnya.

Ita memberikan kebebasan kepada setiap KPPS untuk berkreasi dengan TPS mereka, dengan harapan dapat menarik minat pemilih dan menghidupkan suasana pesta demokrasi lima tahunan.

“Pemilihan pemimpin adalah hak setiap warga, dan kami berupaya agar partisipasi mereka lebih tinggi dari sebelumnya,” jelasnya.

Dalam penyelenggaraan lomba ini, Pemerintah Kota Semarang menggandeng Forum Wartawan Kota (Forwakot) Semarang untuk menjadi juri dan mempublikasikan TPS unik yang telah diciptakan. Dengan demikian, semangat untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2024 semakin diperkuat, dan harapan untuk mencapai tingkat partisipasi yang tinggi semakin nyata.

BACA JUGA  HUT RI Ke-77, Warga Kembangsari Semarang Kumpulkan Jelantah Untuk Dibuat Sabun

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...