Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Semarang Kaya Destinasi Wisata Religi

SEMARANG, Jowonews.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Jawa Tengah mengingatkan wilayah tersebut sebenarnya kaya akan destinasi wisata religi yang potensial dikembangkan.

“Banyak sekali destinasi wisata religi yang tersebar di Semarang. Potensi ini yang kami upayakan agar diangkat,” kata Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi di Semarang, Selasa (6/6).

Hal tersebut diungkapkannya saat ajang Silaturahmi Ketua DPRD Kota Semarang dengan Komunitas Bantuan Komunikasi (Bankom) Polrestabes Semarang yang berlangsung di rumah dinasnya.

Supriyadi menyebutkan sekian banyak destinasi wisata religi itu, di antaranya Masjid Jami’ Syeikh Jumadil Kubro yang terdapat pula makam ulama besar itu di kawasan Terboyo, Semarang.

“Ada makam Ki Ageng Pandanaran I di Kelurahan Mugassari. Beliau merupakan ayahanda dari Ki Ageng Pandanaran II yang merupakan Bupati Semarang pertama,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Terdapat pula makam Syekh Muhammad Sholeh bin Umar Assamarani yang dikenal dengan Mbah Sholeh Darat, kata dia, yang sampai saat ini terus diziarahi oleh masyarakat berbagai daerah.

“Malah masyarakat dari luar Semarang yang lebih tahu dan banyak berziarah, sementara warga Semarang sendiri mungkin malah belum tahu. Tentu, erat kaitannya dengan sejarah Kota Semarang,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, perlu upaya-upaya menggali sejarah Kota Semarang yang erat kaitannya dengan destinasi-destinasi wisata religi itu, terutama kalangan generasi muda.

“Ya, salah satunya kami gelar diskusi, seperti ‘Menggali Jejak Ki Ageng Pandanaran’, dan sebagainya. Kemudian, dengan mengumpulkan berbagai komunitas dalam forum seperti ini,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...