Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sempat Gagal, Solo Akhirnya Jadi Bagian dari Jaringan Kota Kreatif UNESCO

Solo

SURAKARTA – Setelah dua kali upaya sebelumnya yang tidak membuahkan hasil, akhirnya Kota Surakarta berhasil meraih prestasi yang membanggakan dengan menjadi bagian dari Jaringan Kota Kreatif UNESCO. Pengumuman resmi masuknya Solo dalam jaringan prestisius ini datang pada tanggal 31 Oktober 2023.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyambut kabar baik ini dengan senyuman. Usaha keras Solo untuk bergabung dalam jaringan Kota Kreatif UNESCO akhirnya membuahkan hasil, dan Gibran merasa bersyukur atas dukungan dari berbagai pihak.

“Iya, kemarin kita resmi masuk. Solo masuk dalam kategori Kerajinan dan Seni Rakyat, ini pertama kalinya. Terima kasih kepada teman-teman media atas dukungannya,” ucapnya dengan rasa gembira, pada Kamis (2/11/2023).

Gibran menegaskan bahwa pemerintah kota akan segera menindaklanjuti prestasi ini. Mereka berkomitmen untuk memperkuat acara dan kegiatan yang berfokus pada kategori Kerajinan dan Seni Rakyat.



“Nanti, kami akan menindaklanjuti prestasi ini dengan memperkuat acara dan mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama yang terkait dengan bidang ini, yaitu Kerajinan dan Seni Rakyat. Itu adalah fokus utama kami,” tambahnya.

Sebelumnya, UNESCO telah mengakui 55 kota di seluruh dunia sebagai anggota baru dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO (UCCN), setelah ditetapkan oleh Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay.

Kota-kota ini mendapat pengakuan atas komitmen mereka yang kuat dalam memanfaatkan budaya dan kreativitas sebagai bagian integral dari strategi pembangunan mereka. Mereka juga menunjukkan praktik-praktik inovatif dalam perencanaan kota yang berpusat pada manusia.

Dengan bergabungnya Solo dalam jaringan ini, kini terdapat 350 kota di lebih dari seratus negara yang menjadi bagian dari Jaringan Kota Kreatif UNESCO. Ini mencakup tujuh bidang kreatif yang meliputi Kerajinan dan Seni Rakyat, Desain, Film, Gastronomi, Sastra, Seni Media, dan Musik. Solo kini menjadi bagian dari kelompok terpilih yang menunjukkan komitmen pada keberagaman budaya dan kreativitas sebagai pilar utama pembangunan kota.

BACA JUGA  Gibran Gandeng UMKM Untuk Produksi Sepatu Batik Dengan Harga Terjangkau

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...