Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gema DPRD Jateng

Komisi E Kunjungi RSUD Dr. Moewardi Yang Sedang Kembangkan Stem Cell

Komisi E DPRD Jateng
Gema DPRD Jawa Tengah

SURAKARTA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi, Surakarta, Jawa Tengah, saat ini tengah mengembangkan teknologi Stem Cell (sel punca) untuk meningkatkan mutu pelayanan. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama RSUD Dr. Moewardi, Hadi Cahyono, saat kunjungan Komisi E DPRD Provinsi Jateng ke RSUD tersebut, Selasa (7/5/2024).

Komisi E DPRD Jateng ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Stem Cell dan potensinya dalam meningkatkan pelayanan RSUD Dr. Moewardi. Anggota Komisi E Sumarsono menanyakan tentang pengaruh Stem Cell terhadap minat masyarakat untuk berobat di RSUD tersebut.

Joko Purnomo, anggota Komisi E lainnya, berharap RSUD Dr. Moewardi dapat bersaing dengan rumah sakit lain yang telah memiliki nama besar dalam bidang Stem Cell, seperti RSUP Dr. Cipto dan RSUD Dr. Soetomo.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Hadi Cahyono menjelaskan bahwa saat ini Stem Cell di RSUD Dr. Moewardi masih dalam tahap riset dan belum dapat digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Stem Cell masih dalam riset, belum bisa dijual dan belum bisa diberikan untuk pelayanan kepada masyarakat. Kami masih menunggu visitasi dari Kementerian Kesehatan dan izin BPOM,” ujar Hadi.

Dia menegaskan bahwa RSUD Dr. Moewardi tidak akan berani memperjualbelikan Stem Cell karena masih dalam tahap riset. “Kami di rumah sakit bukan seperti pelayanan alternatif. Di sini, yang berobat 10 orang, ya harus sembuh 10 orang. Jadi, kami belum berani memperjualbelikan Stem Cell karena ini masih riset,” tegas Hadi.

Riset terkait terapi Stem Cell di RSUD Dr. Moewardi difokuskan pada beberapa penyakit, seperti Osteoarthritis (OA), Systemic Lupus Erythematodud (SLE), Rheumatoid Arthritis (RA), dan Sindrom Sjögren.

RSUD Dr. Moewardi memiliki laboratorium Stem Cell yang merupakan satu-satunya di Indonesia yang menggunakan Automated Closed System dalam proses kultur sel. Laboratorium ini digawangi oleh tim dokter yang tergabung dalam Tim Stem Cell yang telah berpengalaman di bidang terapi Stem Cell.

Saat ini, RSUD Dr. Moewardi sedang dalam tahap persiapan untuk trial-optimasi produksi Stem Cell pertama. (Adv)

BACA JUGA  BUMDes Berperan Tekan Kemiskinan Desa

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...