Jowonews

Seribu Kiai NU Se-Jateng Kumpul di Semarang

PBNUSEMARANG, Jowonews.com– Sekitar seribuan alim ulama dan kiai NU se-Jateng dijadwalkan akan bertemu di Kota Semarang dalam acara “Silaturahmi Ngumpulke Balung Pisah”, Minggu 26 Juli 2015/ 10 Syawal 1436H.
 
Ketua Panitia Dr KH Ahmad Darodji MSi menjelaskan, acara akan digelar di lokasi Kampus IV Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima Jalan Arteri Utara Pelabuhan Semarang. Acara akan dimulai pukul 08.00 diawali dengan pembacaan dzibaiyyah atau kitab Al-Barzanji, yasin tahlil dan semaan Alquran.
 
Selain para kiai dan alim ulama NU, kata Ketua Umum MUI Jateng itu, panitia juga mengundang Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, para bupati dan wali kota se-Jateng serta Ketua PCNU se-Jateng.

Akan tampil sebagai pembicara pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang Rembang KH Maemun Zubair dan budayawan asal Banyumas Ahmad Tohari. “Insya Allah rangkaian acara Balung Pisah akan diakhiri dengan bersalam-salaman pada pukul 13.00 WIB,’’ tutur Kiai Darodji.
  
Menghadapi Muktamar

Dia mengakui tidak menutup kemungkinan kiai-kiai NU akan bicara persiapan Muktamar NU yang akan berlangsung di Jombang 1-5 Agustus mendatang.  

Dijelaskan, “Silaturahmi Ngumpulke Balung Pisah” merupakan istilah khas Jawa Tengah yang dipandegani almaghfurlah KH Achmad Abdul Hamid dari Kendal. “Istilah ini ternyata mempunyai makna dan implementasi yang sangat strategis karena tidak hanya sebagai wahana berkumpulnya para sesepuh, tokoh dan masyarakat NU yang ada di mana mana. Tetapi sekaligus memperteguh ajaran Ahlussunnah Waljamaah,” tegasnya.

Sekarang ini menurut dia sangat penting memperteguh ajaran Ahlussunnah Waljamaah di tengah masyarakat yang  sedang dihadapkan ideologi Islam Radikal Transnasional.

Dr Noor Achmad MA selaku panitia menjelaskan, kegiatan Balung Pisah kali pertama diadakan di kediaman Dr KH Ahmad Darodji MSi Jalan Wismasari Utara 2 Ngalian Semarang, 4 Oktober 2009. Kemudian di rumah Drs H Achmad Jalan Papandayan Semarang, di rumah KH Shodiq Hamzah Sawah Besar Kaligawe Semarang, di Pendapa Kabupaten Demak dan di rumah pengusaha Eka karya Tailor H Mustain Jl Bedagan no.462 Kampung Sekayu Semarang. (JN01)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...