Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sering Rusak, Ciptaru Tempatkan Petugas Jaga Taman

KENDAL, Jowonews.com – Keberadaan taman di sejumlah titik ruang hijau di Kabupaten Kendal kurang terawat. Selain tanaman mati, beberapa fasilitas taman juga rusak seperti lampu penerangan. Diduga, hal itu dilakukan oleh tangan jahil pengunjung taman.

Muhib, 39, seorang warga Weleri mengatakan bahwa ruang tata hijau (RTH) yang dibangun di atas lahan bekas Terminal Weleri mengalami kerusakan di sejumlah fasilitas, terutama lampu penerangan.
Sehingga kalau malam hari terlihat gelap. Kondisi itu dimanfaatkan oleh orang-orang nakal berpacaran yang tidak semestinya. “Pemerintah setempat untuk segera memperbaiki fasilitas yang rusak. Selain itu, supaya taman terlihat indah dan nyaman,” ujar Muhib.

Dia mengusulkan ditempatkan petugas khusus supaya taman benar-benar berfungsi. Adanya petugas diyakini akan membuat orang enggan melakukan tindakan yang merusak taman.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan Dinas Ciptaru Kabupaten Kendal, Arif Musbichin mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi internal guna membahas solusi berkait dengan taman. Rencananya, akan ditempatkan petugas khusus untuk menjaga taman, di tiap RTH yang ada. “Kami sering mendapatkan laporan adanya kondisi taman yang dalam keadaan rusak, baik pada lingkungan tamannya maupun fasilitas yang ada di taman tersebut. Sehingga untuk mengantisipasi hal ini, kami berencana untuk menempatkan petugas taman,” katanya.

Petugas taman ini nantinya akan memiliki tugas seperti membersihkan dan merawat taman, serta menegur mereka yang berniat merusak keindahan taman.
Beberapa jenis kerusakan yang sering dilaporkan yakni banyaknya rumput taman yang mati karena minimnya kesadaran pengunjung taman, buang sampah sembarangan di lingkungan taman dan sekitarnya, serta aksi vandalisme.
Sementara Kasi Pertamanan dan Pemakaman Dinas Ciptaru Kabupaten Kendal, Wahjuono Irwanto mengungkapkan, setidaknya ada 25 taman kota yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kendal, yang terletak di lima Kecamatan, meliputi Kecamatan Kota Kendal, Kaliwungu, Weleri, Sukorejo, dan Patebon. (JN09/JN19)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...