Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Siapkan Penanganan Bencana, BPBD Surakarta Gelar Pelatihan Untuk Petugas dan Sukarelawan

SOLO, Jowonews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta menyiapkan personel penanganan bencana dengan menggelar pelatihan untuk para petugas dan sukarelawan, termasuk pelatihan penyelamatan dalam air.

“Pelatihan ini untuk mempersiapkan para personil dalam penanganan bencana di setiap wilayah di Kota Solo,” kata Kepala BPBD Kota Surakarta Eko Prajudhy Noor Aly di Solo, Rabu.

“Ada pelatihan water rescue (penyelamatan dalam air) yang kami lakukan. Ini penting agar para petugas di lapangan dapat lebih tepat dalam memetakan permasalahan. Serta tepat dalam memberikan evaluasi pada korban banjir maupun tenggelam,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan pemetaan potensi bencana, wilayah Jawa Tengah berpeluang menghadapi dampak hujan seperti angin ribut, banjir, dan tanah longsor.

Khusus Kota Solo, dia mengatakan, banjir sewaktu-waktu bisa terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi maupun limpahan air dari daerah atas seperti Karanganyar, Boyolali, dan Sukoharjo.

“Potensi banjir di Solo ini bukan hanya akibat hujan yang terjadi di Solo tetapi juga karena kiriman dari daerah lain. Untuk mengatasi ini giat bersih sungai akan makin rutin kami gelar,” katanya.

“Selain itu adanya potensi longsor di tebing sungai. Dalam hal ini masyarakat harus makin waspada terhadap fenomena yang ada di lingkungan masing-masing, misalnya dengan mewaspadai keberadaan pohon besar yang ada di sekitar,” Eko menambahkan. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Jateng Kirim 100 Sukarelawan Bantu Banjir Jakarta-Jabar

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...