Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Simulasi Penutupan Jembatan Tanggulangin Sebabkan Macet

KUDUS, Jowonews.com – Simulasi penutupan Jembatan Kolonel Sunandar atau dikenal Jembatan Tanggulangin mengakibatkan antrean panjang kendaraan dari arah Demak menuju Pati maupun dari Kudus menuju Semarang, Jawa Tengah, Jumat.

Simulasi penutupan salah satu jembatan yang biasanya digunakan untuk melintas kendaraan dari arah Semarang tersebut, dimulai pukul 13.00 WIB sehingga mengakibatkan antrean panjang kendaraan untuk bisa melintas secara bergiliran karena harus melalui satu jembatan yang juga digunakan untuk melintas kendaraan dari arah Pati dan Kudus.

Antrean kendaraan cukup panjang justru terjadi dari arah Semarang hingga mencapai ratusan meter, karena 200 meter sebelum melintasi jembatan harus berbelok menuju ruas jalan sebelumnya digunakan untuk kendaraan dari arah Kudus menuju Semarang.

Akibatnya, kendaraan yang melintas harus menurunkan kecepatan karena kepadatan kendaraan baik dari arah Semarang maupun Pati.

Petugas Satlantas dari Polres Demak dan Kudus juga disiagakan di lokasi untuk mengatur arus lalu lintas dari arah Semarang dan Pati.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning diwakili Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lalu Lintas (KBO Sat Lantas) Polres Kudus Iptu Sucipto mengungkapkan, dengan adanya simulasi penutupan, petugas bisa memantau titik kemacetan terparah di mana saja.

“Nantinya akan menjadi kajian dan langkah-langkah yang perlu dilakukan. agar tidak ada antrean yang terlalu lama ketika penutupan nantinya dilakukan secara permanen,” ujarnya.

Rekayasa yang dilakukan, kendaraan yang masuk ke Kudus baru boleh belok menuju Pati ketika sampai di perempatan Kecing, bukan lagi belok saat melintasi pertigaan Terminal Induk Jati untuk menghindari kepadatan arus kendaraan semakin panjang.

Pada Jumat, kendaraan yang melintas cukup padat saat siang hari.

“Sempat agak tersendat karena bersamaan dengan kepulangan para pekerja. Namun, masih terkendali,” ujarnya pula.

Polres Kudus juga mendirikan pos pantau di dekat pos patroli pengawalan (patwal) lokasinya tidak jauh dari proyek pembangunan Jembatan Kolonel Sunandar.

Nantinya ketika dilakukan penutupan secara permanen di setiap titik juga akan dibuatkan peta jalan untuk memberikan gambaran terkait rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan agar pengguna jalan tetap bisa melintasi Jembatan Tanggulangin.

Jalur alternatif juga akan disediakan dengan penunjuk rambu tambahan yang akan dipasang di titik-titik tertentu, meskipun rutenya cukup jauh.

Bagi pengguna jalan yang berminat melalui jalur tersebut akan disiapkan rambu penunjuk jalannya.

Dari arah Pati bisa melalui Undaan saat sampai di Proliman Tanjung, menuju Klambu, kemudian menuju Godong, Mranggen dan Semarang, sedangkan alternatif kedua melalui Welahan Jepara hingga tembus ke Trengguli, Demak.

Simulasi penutupan jembatan tersebut dalam rangka persiapan untuk penutupan jembatan yang akan berlangsung selama lima bulan, menyusul adanya pembangunan Jembatan Kolonel Sunandar.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...