Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Siswa MTs N 4 Banjarnegara Ciptakan Robot Pembasmi Nyamuk

BANJARNEGARA – Siswa MTs Negeri 4 Banjarnegara berhasil menciptakan robot pembasmi nyamuk dan anti serangga. Uniknya, robot ini dibuat dari bahan daur ulang atau bahan limbah.

Robot yang diberi nama Zimda ini dapat mengontrol atau bergerak di sekitar ruangan secara otomatis menggunakan sensor gerak.

Pembuatan robot pembunuh serangga ini lahir dari keresahan para siswa yang mana sekolahnya terletak di dekat sawah dan ladang.

Saat musim hujan, banyak serangga dan nyamuk yang masuk ke dalam kelas dan mengganggu proses pembelajaran. Akhirnya para siswa kreatif yang tergabung dalam ekstrakurikuler robotik ini menciptakan robot ini pembasmi nyamuk dan serangga ini.

Untuk menekan biaya, sebagian besar bahan robot dibuat dari bahan daur ulang, seperti karton bekas, roda mainan, dan parfum.

“Perangkat ini menggunakan sumber tenaga baterai dan menggunakan sensor gerak. Robot ini dapat bekerja sendiri dan mengemudi secara mandiri. Saat sensor menangkap nyamuk, alat akan langsung menyemprot secara otomatis,” kata Zaenal, siswa MTs Negeri 4 Banjarnegara.

“Cairan tersebut mengandung obat nyamuk dan serangga. Jadi ketika sedang banyak wabah, alat ini bisa mencegah penyebaran nyamuk pembawa penyakit di sekolah,” ujarnya.

Robot Zimda telah digunakan di dalam ruang kelas, terutama saat terdapat banyak nyamuk.

“Berkat robot ini, siswa kini bisa fokus belajar dan terhindar dari ancaman nyamuk penyebar penyakit,” kata Bowo, kepala MTsN 4 Banjarnegara.

Robot Zimda ini akan terus diperbaiki dan ditingkatkan fungsinya. Para siswa berharap di masa depan akan ada pembuatan lebih banyak robot yang bisa digunakan oleh orang-orang dengan tujuan untuk memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

BACA JUGA  Ratusan Warga Desa Kalilunjar Banjarnegara Berebut Tumpeng Raksasa

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...