Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Siswa SMPIT Nur Hidayah Antusias Ikuti Outing Class di Kebun Teh

SOLO, Jowonews.com – Sebanyak 192 siswa SMPIT Nur Hidayah Surakarta mengikuti Outing Class di Ngargoyoso, Kemuning, Karanganyar . Kegiatan Outing class ini mengambil tempat di Pabrik PT Rumpun Sari Kemuning yang memproduksi teh hijau dan air terjun Jumog, dilaksanakan pada Selasa (18/10).

Outing Class merupakan media yang efektif dan efsien dalam menyampaikan ilmu pengetahuan. Pembelajaran bukan dari teori saja tetapi juga kebenaran dan bukti nyata di lapangan .

Menurut Ustadz Muh. Shofi Al Mubarok, tujuan diadakan Outing Class adalah mendekatkan siswa dengan lingkungan, mempermudah pemahaman materi dengan melihat realita sesungguhnya.

Outing Class merupakan satu diantara proses pembelajaran yang inovatif, nyata, dan relevan. Disamping sebagai proses pembelajaran, kegiatan outing class tersebut menjadi sarana dan suasana rekreatif yang menyenangkan.

Di pabrik teh, pertama para siswa diajak mengenal tanaman teh langsung dikebun teh. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok, supaya para siswa lebih paham. Suasana sejuk, tenang dan ditambah indahnya pemandangan menambah semangat para siswa untuk mendengarkan penjelasan dari pihak pabrik mengenai tanaman teh. Selanjutnya para siswa diajak masuk ke pabrik untuk melihat langsung cara pengolahan/pembuatan teh.

Bersamaan dengan ini siswa juga diajak untuk tadabbur alam sebagai sarana pembelajaran untuk lebih mengenal Maha Besar Allah SWT yang telah menciptakan langit dan bumi serta segala isinya.
“Dengan begini, diharapkan terbentuk sebuah ‘character building’ yang setidaknya menambah keimanan dan ketakwaan kita,” terangnya. (jn19)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...