Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

SMA Al Azhar 14 Ikuti 14th Korea National Jamboree

SEMARANG, Jowonews.com – Salah satu siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Al Azhar 14 Banyumanik atas nama Athiyya Salma Hamida murid kelas XI IPA menjadi duta sekolah dalam ajang 14th Korea National Jamboree, belum lama ini.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Organisasi Kepramukaan Korea (Korea Scout Association) melalui Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Republik Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan selama tujuh hari tersebut diadakan di Nakdongdang Riverside, Dalseong-gun, Daegu-city, Korea.

Sebelum bertolak ke Korea, Alma, panggilan akrab siswi yang berperawakan tinggi tersebut mendapat pembekalan di Cibubur. Hari berikutnya Alma beserta peserta lainnya mendarat dengan selamat di Bandara Incheon, lanjut perjalanan selama 4 jam menuju Daegu-city.

Banyak kegiatan yang mereka lakukan bersama para leader, diantaranya mengunjungi environtmental zone, berdiskusi menentukan nama, bendera, ibukota jika Korea Utara dan Korea Selatan bergabung, olahraga, city tour Kota Daegu, Museum Science, mengunjungi rumah tradisional Korea, N (Namsan) Seoul Tower dan ditutup dengan mengunjungi tempat pembuatan obat-obatan sebagai ikon Korea. Para peserta juga diajarkan membuat kimchi, mengenakan hanbok atau baju tradisional Korea.

Pada malam terakhir diadakan International Night, Seluruh peserta dari Indonesia menyuguhkan nyanyian Gebyar-Gebyar, tarian, serta senam poco-poco yang kemudian diikuti oleh peserta lain.

“Kegiatan jambore ini sangat mengesankan, walau kelihatannya banyak jalan-jalan dan senang-senang tapi kami tetap mendapat banyak pelajaran, tentang cara bersosialisasi, bekerjasama, dan beradaptasi yang semuanya diajarkan dalam kegiatan Pramuka.” Jelas Alma. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...