Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

SMKN 8 Semarang Gelar Seminar Anti Narkoba

SMK 8 Semarang, Jowonews.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 8 Semarang mengadakan Seminar Sehari Anti Narkoba di Aula Sekolahnya yang terletak di Jalan Pandanaran II No. 12, hari Selasa pagi (11/8). Tak bekerja sendiri, pihak sekolah tersebut bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng untuk mensosialisasikan bahaya narkotika.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang setiap tahunnya kurang lebih 2-3 kali mengundang BNNP Jateng untuk melakukan sosialisasi anti narkoba dan tes urine. Diikuti oleh seluruh siswa kelas XI semua jurusan yang berjumlah 500 siswa.

Kepala Sekolah SMK N 8, Dra. Ummi Rosydiana., M.Par memberitahukan bahwa pihaknya bertanggungjawab dalam kegiatan anti narkoba di sekolah. Minimal menekan pelaku, pengguna dan pengedar narkoba di sekolah.

“Apalagi sekolah kami memiliki jurusan Perawatan Sosial yang bertugas menangani korban NAPZA. Kami melakukan kegiatan tes urine kepada siswa secara mendadak. Siswa tidak diberitahu sebelumnya, supaya terlihat siapa saja yang terindikasi. Namun sejauh ini, siswa kami tidak ada yang menggunakan barang haram tersebut setelah dilakukan beberapa kali tes urine,” tuturnya.

Dia menambahkan jika SMK 8 selalu menerapkan pendidikan karakter, akhlak mulia, dan peduli lingkungan. Ketua OSIS, Tirami Widyawati pun menjelaskan bahwa selain diadakan penyuluhan anti narkoba, ada juga kegiatan lomba sosialisasi, dan lomba pembuatan logo.

“Penilaiannya dilihat dari tingkat kreatifitas siswa. Diikuti oleh seluruh siswa SMK 8. Semoga dengan adanya kegiatan ini teman-teman lebih sadar akan bahaya narkoba yang tidak baik bagi masa depan,” terangnya.

Tirami juga menambahkan, dengan mengetahui dampak dari narkoba tersebut, mereka dapat menjaga diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. “Dengan anak-anak mengetahui dampak negatif dari NAPZA, bisa menjadi tameng untuk dirinya sendiri. Kemudian bisa mensosialisasikan dalam keluarga, lingkungan dan masyarakat sekitar. Serta menjadi sarana penyalur dari sekolah dan BNN untuk mencegah peredaran narkoba,” imbuhnya. (JN14)

BACA JUGA  Penjara Nusakambangan Siap Tampung Para Pelaku Kejahatan Narkoba

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...