Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

SMS Booking, Percepat Layanan Perpanjangan SIM

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Satuan Penyelenggara Administrasi Surat Izin Mangemudi Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, bikin terobosan baru dengan meluncurkan program SMS Booking bagi pemilik SIM yang mau memperpanjang SIM C maupun A yang habis masa berlakunya.

Kasat Lantas Polres Temanggung AKP Choirul Anwar di Temanggung, Kamis (19/8), mengatakan melalui inovasi tersebut pemohon SIM bisa mendaftar lebih dulu melalui SMS sebelum datang ke Kantor Satpas SIM. Terobosan ini juga untuk mengindarkan adanya praktik percaloan.

Ia menjelaskan pemohon bisa langsung mendaftar dengan SMS ke nomor 082227853579 dengan format #golongan SIM nomor SIM atas nama#alamat. Setelah dikirim ke nomor tersebut, pemohon akan mendapat balasan dari operator tentang persyaratan yang harus disiapkan dan diperintahkan untuk datang ke Satpas SIM Polres Temanggung dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

Selanjutnya pemohon datang ke loket pendaftaran dengan menunjukkan SMS balasan dari operator maka akan diberi data diri pemohon dan jika sudah benar dan lengkap, pemohon disilakan membayar biaya perpanjangan di loket BRI, setelah itu foto SIM. “Jika pemohon telah mendaftar melalui SMS, maka di Satpas SIM tidak perlu mengisi formulir pendaftaran, karena telah dicetakkan maka akan mempersingkat waktu,” katanya.

Ia menuturkan program ini untuk menyesuaikan dengan kondisi masyarakat yang penuh kesibukan sehingga membutuhkan waktu yang cepat. “Melalui program ini dengan waktu yang ada, maka diharapkan pengurusan SIM bisa lebih singkat sehingga tidak mengganggu aktivitas pemohon,” imbuhnya.
(Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...