Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Stakeholder Diajak Giatkan Wisata Tegal dan Brebes

TEGAL,Jowonews.com – Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih mengajak semua pihak terkait untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Tegal dan Brebes, Jawa Tengah.

“Tegal dan Brebes mempunyai potensi pariwisata yang cukup menjanjikan, salah satunya adalah tempat wisata pemandian air panas di Guci. Oleh karena itu, mari kita mempersiapkan sarana dan prasarana serta mempromosikan kepada masyarakat luas,” katanya.

Dalam pengembangan potensi pariwisata suatu daerah, lanjutnya, diperlukan pembangunan infrastruktur menuju dan di sekitar destinasi wisata sehingga harus melibatkan pengelola serta pihak terkait.

Oleh karena itu pegiat pariwisata harus mulai mempersiapkan program agenda dan promosi yang melibatkan masyarakat di sekitar objek wisata.

Menurut Fikri, pariwisata menjadi salah satu industri yang tidak lepas dari ekonomi kreatif.

“Pada sebuah destinasi wisata, salah satu pembelanjaan terbesar wisatawan yang berkunjung adalah kuliner dan cendera mata yang khas dari daerah tersebut sehingga masyarakat dituntut untuk tetap melestarikan kerajinan dan kuliner yang telah ada di daerah masing-masing,” ujarnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera itu secara khusus berharap potensi wisata yang ada di Kabupaten Tegal dan Brebes bisa maju serta berkembang.

“Perlu ada diskusi lanjutan mengenai pengelolaan pariwisata sehingga Tegal dan Brebes bisa memiliki ikon pariwisata sesuai dengan hasil pemetaan pasar serta pegiat wisata bisa memberikan fokus lebih pada ikon pariwisata tersebut,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, potensi objek wisata di 35 kabupaten/kota saat ini tercatat 417 lokasi yang terdiri atas 132 lokasi wisata alam, 88 lokasi wisata budaya, 105 lokasi wisata buatan, 21 lokasi wisata minat khusus, dan wisata lain-lain 71 lokasi. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...