Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Subroto: Pramuka Harus Eksis Dalam Berbagai Kegiatan

JEPARA, Jowonews.com – Pramuka harus eksis dan berada paling depan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan pemerintah. Pramuka juga harus terus berupaya mengajak masyarakat untuk proaktif dalam mengatasi persoalan-persoalan lingkungan maupun, kegiatan sosial.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Kwartir Cabang (Ka-kwarcab) Kabupaten Jepara, DR. H. Subroto, SE, MM sekaligus Wakil Bupati Jepara, saat Pelantikan majelis pembimbing dan pengurus gerakan pramuka kwarran Pakis Aji periode 2016-2020, kamis (26/5).

Dikatakannya pengurus baru, harus sejalan dengan program pemerintah daerah Kabupaten Jepara. Terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan dan pembangunan. Kemudian juga harus turut berpartisipasi, dalam pembentukan karakter para siswa serta pemuda di Pakis Aji khususnya dan di Jepara pada umumnya.

“Dalam setiap program-program yang diluncurkan Pemerintah, pramuka harus eksis hadir dan berada paling depan. Apalagi Pimpinan Pemerintah Daerah mendukung dan saya sebagai sebagai Ketua kwarcab juga, sehingga tidak ada alasan untuk tidak bergerak,” kata Subroto.

Tantangan bagi pengurus Kwarran saat ini, sangatlah komplek. Mulai dari persoalan pembangunan yang ada di kecamatan, hingga sosial kemasyarakatan. Oleh karena itu, pramuka harus terus berupaya mengajak masyarakat untuk proaktif, dalam mengatasi persoalan-persoalan yang ada di lingkungannya.

Hal senada juga disampaikan Drs. H. Edy Mulyono, M.Pd selaku Ka. UPTD Dikpora Kecamatan Pakis Aji sekaligus Ka-Kwarran Pakis Aji terlantik, bagaimana mengembalikan karakter pemuda yang penuh dengan semangat. Karena fenomena saat ini yang muncul adalah penurunan karakter para pemuda. Kecenderungan kaum muda saat ini, lebih berfikir pragmatis dan menghabiskan waktu bermain dengan gadget.

Sedangkan jarang sekali pemuda turut dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. “Persoalan para remaja harus segera ditangani. Dan untuk menumbuhkan karakter, libatkan para generasi muda dalam kegiatan sosial, pramuka salah satu wadah pemuda,” katanya.

BACA JUGA  Kemenag Kirim Pramuka Santri Keliling Asean

Kamabiran pakis Aji Eko Kasiono, S.Sos yang sekaligus Camat Pakis Aji mengungkapkan Dengan keterlibatan para pemuda dalam kegiatan-kegiatan sosial, selain menumbuhkan kesadaran. Namun juga dapat menumbuhkan kebersamaan antar pemuda. Upaya untuk mengatasi hal hal negatif bagi generasi muda, menurut Eko, bisa dengan melibatkan siswa dari berbagai sekolah dalam satu kegiatan ke pramukaan yang berkelanjutan.

Penyerahan Bibit

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Kwarcab Subroto juga memberikan bantuan bibit tanaman buah kelengkeng secara simbolis kepada kamabiran yang baru saja dilantik. Selanjutnya bibit buah yang lainnya dibagikan kepada peserta yang hadir. Bibit tanaman itu diharapkan dapat menjadi pemicu bagi warga untuk senang bercocok tanam dan dalam pemenuhan gizi.

Ia juga berpesan agar bibit tanaman yang telah diberikan ini untuk ditanam, dirawat dan dipantau pertumbuhannya, sehingga benar-benar bermanfaat, berdaya guna dan berhasil guna. (jn04/jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...