Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sudah 95 Persen Penduduk Demak Terdaftar JKN

DEMAK, Jowonews.com — Kabupaten Demak, Jawa Tengah menjadi kabupaten pertama di Jateng yang berhasil mewujudkan jaminan kesehatan menyeluruh (UHC) atau minimal 95 persen penduduknya mengikuti program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Untuk tingkat kabupaten di Jateng, keberhasilan Kabupaten Demak mewujudkan UHC ini merupakan yang pertama, sedangkan untuk tingkat kabupaten/kota merupakan yang ketiga,” kata Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Andayani Budi Lestari.

Ia mengatakan hal itu di sela-sela acara penandatanganan nota kesepahatam (MoU) antara Bupati Kabupaten Demak M. Natsir dengan BPJS Kesehatan Cabang Semarang tentang Optimaslisasi Kepesertaan Program JKN-KIS bagi seluruh penduduk di Kabupaten Demak, Sabtu (20/1).

Menurut peta jalan, kata dia, pada 1 Januari 2019 semua kabupaten/kota di Tanah Air ditargetkan bisa mewujudkan UHC, sedangkan Kabupaten Demak telah mengawalinya dengan mendaftarkan warganya mengikuti program JKN-KIS untuk mencapai 95 persen jumlah penduduk.

Dengan adanya MoU dan perjanjian kerja sama ini, kata dia, seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Demak telah bekerja sama dan mendukung program JKN-KIS menuju cakupan semesta di tahun 2019.

“Warga Demak yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS bisa dilayani di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Karena Kabupaten Demak telah mewujudkan cakupan jaminan kesehatan menyeluruh untuk warganya, kata dia, akan mendapatkan penghargaan dari Presiden Joko Widodo.

Bupati Demak M. Natsir berharap adanya ksepakatan bersama antara Pemkab Demak dengan BPJS Kesehatan bisa mengentaskan kemiskinan serta mengurangi angka pengangguran.

Setidaknya, kata dia, warganya telah terdaftar menjadi peserta program JKN-KIS, ketika sakit bisa ditangani segera sehingga tetap produktif untuk mendapatkan penghasilan. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...