Jowonews

Logo Jowonews Brown

Seri Babad Tanah Jawi

Seri Babad Tanah Jawi: Sumber-Sumber Sejarah Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri

Sebelum membahas sejarah berdirinya Kerajaan Kediri, ada baiknya jika kita mengetahui sumber-sumber sejarah Kerajaan Kediri yang bercerita atau menceritakan tentang Kerajaan Kediri. Penting untuk diketahui, sumber sejarah Kerjaan Kediri berasal dari beberapa prasasti yang dimaksud di antaranya sebagai berikut :

  1. Prasasti Sirah Keting (1104 M), yang memuat tentang pemberian hadiah tanah kepada rakyat desa oleh Raja Jayawarsa.
  2. Prasasti yang ditemukan di Tulungagung dan Kertosono berisi masalah keagamaan, diperkirakan bersal dari Raja Bameswara (1117-1130 M).
  3. Prasasti Ngantang (1135 M) yang menyebutkan tentang Raja Jayabaya yang memberikan hadiah kepada rakyat desa Ngantang berupa sebidang tanah yang bebas dari pajak.
  4. Prasasti Jaring (1181 M) dari Raja Gandra yang memuat tentang sejumlah nama hewan, seperti Kebo Waruga dan Tikus Finada.
  5. Prasasti Kamulan (1194 M) yang menyatakan bahwa pada masa pemerintahan Raja Kertajaya, Kerajaan Kediri telah berhasil mengalahkan musuh yang telah memusuhi istana di Katang-katang.



Selain beberapa prasasti tersebut, sumber sejarah lain yang berkisah tentang Kerajaan Kediri berasal dari brita asing. Adapun berita asing tentang Kerajaan Kediri sebagian besar diperoleh dari berita Cina. Berita Cina ini merupakan kumpulan cerita dari para pedagang Cina yang melakukan kegiatan perdagangan di Kerajaan Kediri. Misalnya, Kronik Cina bernama Chu Fan Chi karangan Chu Ju Kua (1220 M). Buku ini banyak mengambil cerita dari buku Ling Wai Tai Ta (1778 M) karangan Chu Ik Fei. Kedua buku ini menerangkan keadaan Kerajaan Kediri pada abad ke-12 dan ke-13 M

BACA JUGA  Seri Babad Tanah Jawi: Tokoh-Tokoh Penting Pada Masa Airlangga

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...