Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tahun Ini, Pembangunan Fisik Tol Semarang-Demak Akan di Mulai

SEMARANG, Jowonews.com – Guna memperlancar mobilitas, pembangunan fisik Tol Semarang-Demak akan segera dilaksanakan tahun 2019 dan diharapkan selesai sesuai target.

Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono mengatakan, hingga saat ini proses pembangunan tol tersebut sedang berjalan dan berada dalam tahap sosialisasi rencana lokasi proyek.

“Proyek ini tidak serta merta meninggalkan rakyat, demikian pula rakyat tidak bisa semaunya sendiri, harus komunikasi,” katanya, Selasa (11/6/2019)

Sekda menjelaskan, jalan tol dengan nilai investasi Rp15,3 triliun, akan dirancang sepanjang 27 kilometer dan akan diintegrasikan dengan tanggul laut di pantai utara Kota Semarang hingga Kali Sayung Kabupaten Demak.

“Tapi tentunya masih ada revisi terkait dengan penetapan lokasi. Apalagi, proyek strategis ini menyangkut rencana zonasi sehingga perlu ada kesepakatan dengan masyarakat,” ujarnya

Nantinya, sebut Sri Pruyono, lahan yang terkena proyek strategis tersebut tidak terlalu luas atau hanya sekitar satu kecamatan yakni Sayung di Kabupaten Demak. Secara teknis Tol Semarang-Demak memiliki empat simpang susun yaitu Kaligawe, Terboyo, Sayung dan Demak.

“Total luas lahannya kami belum tahu pasti. Proyek strategis ini harus terus jalan dan harus jadi. Pembebasan lahan sedang dikomunikasikan,” ujarnya.

Menurutnya, tanggul laut yang membentang di sisi utara Semarang-Demak itu berfungsi untuk mengatasi banjir, rob dan penurunan permukaan tanah di daerah Semarang Utara bagian timur seperti di wilayah Kaligawe Semarang hingga Kecamatan Sayung, Demak. Apalagi jalur tersebut selalu padat lalu lintas kendaraan baik antar kota maupun antar provinsi.

“Intinya Tol Semarang-Demak dibangun untuk meningkatkan aksebilitas dan kapasitas jaringan jalan di kawasan utara Jawa,” pungkasnya. (jwn05)

BACA JUGA  Presiden: Tol Semarang Demak Istimewa

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...