Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tak Mau Kalah dengan Manusia, 50 Sapi di Pekalongan Diasuransikan

PEKALONGAN, Jowonews.com — Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah melalui program fasilitasi asuransi usaha ternak sapi telah mengasuransikan 50 dari 300 ternak sapi pada pelaku usaha ternak skala kecil.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan, Wismo Adityo di Pekalongan, Selasa (16/5), mengatakan bahwa program ini unuk mendorong pertumbuhan populasi ternak sapi.

“Melalui program fasilitasi asuransi ini maka peternak akan mendapatkan perlindungan atas kehilangan dan kematian ternak sapi tersebut,” katanya.

Menurut dia, ternak sapi yang bisa diasuransikan adalah sapi usia produktif, kondisi sehat, dan berusia satu sampai delapan tahun, serta berlaku pada pelaku usaha skala kecil.

“Dengan mengikutkan program asuransi ini maka para peternak tidak perlu khawatir jika terjadi hal yang tidak diinginkan dan tetap eksis di bidang usahanya,” katanya.

Ia mengatakan melalui program fasilitasi asuransi ini, sekaligus untuk mendukung upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab) agar proses regenerasi bibit sapi tidak terputus.

“Kami berharap melalui program ini dapat meminimalkan impor sapi dan ketersediaan daging, dan susu di daerah setempat,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...