Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tanggap Darurat Banjir Solo Diperpanjang

SOLO, Jowonews.com – Status tanggap darurat banjir di Solo diperpanjang hingga Minggu (26/6) mendatang. Ini menyusul hujan deras yang mengguyur Kota Bengawan pada Rabu (22/6) malam.

“Diperpanjangnya status tanggap darurat ini lantaran adanya hujan deras yang kembali mengguyur Kota Solo, Rabu (22/6) malam yang mengakibat ada beberapa lokasi kembali terendam banjir,” kata Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo di Solo, Jumat (24/6).

Sebelumnya, katanya, tanggap darurat ditetapkan selama tiga hari, mulai Senin (20/6)-Rabu (22/6). Kini, penerapannya dilanjutkan hingga tujuh hari atau hingga Minggu (26/6).
“Status tanggap darurat akan dicabut setelah Solo dipastikan aman dari ancaman banjir susulan. Seharusnya memang sudah berakhir. Tapi karena ada hujan deras dan ada wilayah yang kebanjiran lagi, status tersebut diperpanjang menjadi tujuh hari,” katanya.

Ia tidak mungkir bahwa diperpanjangnya pemberlakuan tanggap bencana, manakala Bengawan Solo maupun anak sungainya, kembali meluap sebelum status tersebut dicabut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga memperkirakan cuaca buruk dan hujan deras masih berpotensi terjadi di Solo dan sekitarnya hingga beberapa hari ke depan.
“Ya lagi pula bantuan bagi korban banjir kemarin masih berdatangan. Kalau masa tanggap bencana diakhiri, bagaimana bantuan itu akan disalurkan,” katanya.

Ia juga mengaku sudah menginstruksikan penanganan drainase kepada instansi terkait. Pemetaan drainase berikut persoalannya, kata dia, perlu dilakukan guna mencari solusi dalam mengatasi genangan air saat hujan turun. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...