Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tanggulangi Banjir, Solo Digelontor Rp400 M

SOLO, Jowonews.com – Kota Solo digelontor anggaran Rp400 miliar dari pemerintah pusat guna penanggulangan banjir. Anggaran tersebut untuk mengerjakan tiga paket proyek.

“Pengerjaan tiga paket proyek penanggulangan banjir di Kota Solo itu akan dikerjakan mulai Agustus 2016,” kata Plh Kasubag Umum Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) Supriyanta, Selasa (17/5).

Dimana tiga proyek dengan kucuran dana dari pemerintah pusat ini dikerjakan secara tahun jamak hingga 2018,” katanya.

Ketiga paket proyek tersebut meliputi pembangunan parapet Demangan-Jembatan Mojo, normalisasi Jembatan Bandara Adisumarmo-Kali Pepe, serta pembangunan bendung dan embung karet Tirtonadi. Ketiga proyek kini masih memasuki tahapan lelang.

“Proses lelang baru tahapan prakualifikasi. Sesuai jadwal proses lelang rampung 27 Juli 2016, jadi kemungkinan proyek bisa dikerjakan Agustus mendatang,” terangnya.

Ia mengatakan sementara untuk kontrak pelaksanaan proyek, BBWSBS masih menunggu izin dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ikhwal pekerjaan dilakukan secara tahun jamak.

Saat ini, BBWSBS telah mengirim permohonan perizinan pelaksanaan tiga paket pekerjaan secara tahun jamak. Pihaknya berharap izin Kemenkeu turun secepatnya sehingga proyek bisa dikerjakan.

“Ya kami berharap pemenang lelang bisa langsung kerja, tanpa harus menunggu lama terbitnya izin dari Kemenkeu,” katanya.

Disinggung mengenai proyek pembangunan bendung dan embung karet Tirtonadi Supriyanta mengatakan hingga kini masih terganjal pembebasan lahan dari Pemkot Surakarta, dan BBWSBS telah berkoordinasi dengan Pemkot Surakarta untuk menyelesaikan hal itu.

Ia mengatakan berdasarkan data ada ratusan kepala keluarga (KK) yang tinggal di bantaran Kali Pepe dan bakal terkena proyek pembangunan itu. Relokasi warga masih menunggu pembangunan rumah susun sewa sederhana (rusunawa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo. “Ya kami fokus dipekerjaan proyeknya. Sedangkan Pemkot di pembebasan lahan,” katanya.

Selain bendung karet Tortonadi dan normalisasi Kali Pepe, proyek lain yang akan dikerjakan BBWSBS adalah pembangunan parapet sepanjang 4,2 km dari Demangan hingga Jembatan Mojo. Parapet dibangun untuk pengendalian banjir Sungai Bengawan Solo. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...