Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Tekan Harga Elpiji 3 kg, Pasokan di Pengecer Dikurangi

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Guna mengantisipasi melonjaknya harga elpiji 3 kg menjelang Lebaran, pasokan eliji 3 kg di tingkat pengecer dikurangi. Sebaliknya, stok elpiji 3 kg di pangkalan akan diperbanyak. Saat ini harga elpiji 3kg di pangkalan sebesar Rp15.500 per tabung. Sedangkan di tingkat pengecer bisa sampai Rp17 ribu per tabung.

“Sesuai ketentuan, memang penjualan elpiji di tingkat pengecer tidak diatur dan yang diatur hingga titik pangkalan, maka barang lebih banyak di pangkalan,” kata Sekretaris Tim Monitoring Tata Niaga Elpiji Kabupaten Temanggung, Arief Mujiono di Temanggung, Senin (13/6).

Ia mengakui pasokan elpiji ke tingkat pengecer dibatasi, kalau sebelumnya pengecer mendapatkan pasokan 10 tabung per hari, kini hanya mendapatkan jatah lima tabung per hari. “Mencari elpiji di tingkat pengecer mungkin agak susah karena dibatasi dan masyarakat kami imbau membelinya di pangkalan dengan harga Rp15.500 per tabung,” tandasnya.

Meski begitu, dipastikan masyarakat tidak akan kesulitan mencari pangkalan elpiji, karena yang semula hanya 169 pangkalan, saat ini terdapat 341 pangkalan yang tersebar di 289 desa/kelurahan di Temanggung.

Ia menuturkan mencari elpiji di pengecer agak sulit bukan karena pengurangan kuota untuk tingkat kabupaten, tetapi memang pasokan di pengecer dikurangi, kalau masyarakat membeli di pangkalan pasti tersedia. “Apalagi pada bulan Juni ini, bersamaan bulan Ramadhan maka pasokan elpiji ukuran tiga kilogram untuk tingkat kabupaten ditambah 13,4 persen,” tuturnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...