Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Temanggung Anggarkan Rp2,05 M untuk Kembangkan Desa Wisata

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada 2018 menganggarkan Rp2,05 miliar untuk pengembangan desa wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Wara Andijani di Temanggung, Selasa mengatakan sejumlah dana tersebut akan digunakan untuk membantu pengembangan lima desa wisata, yakni Purbosari, Traji, Pagergunung, Kedu, dan Ngropoh.

Ia menyebutkan masing-masing desa wisata akan mendapatkan bantuan Rp410 juta dari APBD Kabupaten Temanggung tersebut.

“Dana tersebut nantinya akan difokuskan untuk pengembangan sumber daya manusia dan homestay di masing-masing desa,” katanya.

Ia menuturkan pengembangan atau peningkatan kualitas SDM terutama bagaimana mereka menerima tamu dengan baik dan memberikan pelayanan suapaya wisatawan betah tinggal di desa wisata.

Ia mengatakan untuk pengembangan homestay di desa wisata tersebut perlu survei, berapa rumah yang bisa dijadikan homestay dan perlu membenahi kamar mandi agar layak untuk menerima tamu.

“Sementara fokus pada pengembangan SDM dan homestay, sedangkan untuk pembangunan infrastruktur, desa setempat bisa menggunakan dana desa,” katanya.

Ia menyebutkan keunggulan desa wisata yang mendapatkan bantuan tersebut, antara lain Desa Ngopoh merupakan sentra buah durian dan di desa tersebut terdapat embung, kemudian di Desa Purbosari terdapat Situs Liangan.

Ia mengatakan desa wisata sebenarnya tidak harus mempunyai destinasi, tetapi memiliki sesuatu yang unik yang bisa ditawarkan kepada wisatawan.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Temanggung telah menetapkan 10 desa wisata, yakni Purbosari, Traji, Pagergunung, Kedu, Ngropoh, Soropadan, Menggoro, Tawangsari, Tawangsari, dan Tlahab.

“Karena anggaran terbatas maka baru lima desa wisata yang mendapatkan bantuan, mudah-mudahan tahun depan lima desa wisata yang lain juga mendapatkan bantuan yang sama,” katanya. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...