Jowonews

Logo Jowonews Brown

Tiga Species Ini Terancam Punah

BANGKA BELITUNG, Jowonews.com – Tangan jahil manusia seringkali menyebabkan kepunahan sebuah ekosistem sekitar kita. Seperti yang terjadi di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dimana sebanyak tiga spesies endemik terancam punah akibat berbagai aktivitas manusia.

“Tiga spesies tersebut terdiri dari satu jenis hewan trenggiling (Manis javanica) dan dua tumbuhan, yaitu keruing gajah (Dipterocarpus grandiflorus blanco) dan damar mata kucing (Hopea mengarawan miq),” kata Peneliti Lingkungan dari PT Ekologika Consultants Juli Supriadi, Jumat (27/5).

Pihaknya telah melakukan penelitian selama setahun terakhir di daerah itu untuk mengetahui Nilai Konservasi Tinggi (NKT) enam kategori. “Pada NKT 1.2 kami meneliti tipe ekosistem khusus mengenai spesies terancam punah dan menemukan fakta tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, tiga spesies tersebut bisa punah jika faktor ancaman utama tidak segera diantisipasi, seperti pembukaan lahan untuk jalan dan pemukiman, penambangan liar, kebakaran, pembukaan lahan untuk berkebun, pembalakan liar, dan penangkapan satwa liar.

Pihaknya berharap, pemerintah dapat segera melakukan antisipasi untuk menjaga kekayaan sumber daya alam di daerah itu.

“Perbanyak sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat agar peduli dan melindungi spesies tersebut, menghentikan perburuan liar, dan tidak melakukan penebangan dua jenis tumbuhan terancam punah tersebut,” tandasnya. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...