Jowonews

Logo Jowonews Brown

Tiket KA Tambahan Lebaran Bisa Dipesan Mulai Minggu

SOLO, Jowonews.com – PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta menyediakan tiket kereta api (KA) tambahan pada Lebaran 2017 yang bisa dipesan mulai Minggu (16/4).

Masyarakat, yang belum mendapatkan tiket KA reguler, kini dapat bersiap-siap memesan tiket kereta tambahan Lebaran, kata Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Solo, Kamis (13/4).

“Penjualan KA tambahan Lebaran ini akan dimulai pada Minggu (16/4) pukul 00.01 WIB,” katanya.

Ia mengatakan ada 12 perjalanan KA tambahan Lebaran yang dioperasikan setiap harinya mulai 15 Juni 2017.

Kapasitas yang tersedia dari 12 perjalanan KA tersebut, kata Eko, sebanyak 4.916 tempat duduk per hari.

Nama KA tersebut antara lain Argo Lawu jurusan Solo-Gambir kapasitas 700 tempat duduk, Argo Dwipangga (Solo-Gambir) 700 kursi, Taksaka Pagi (Yogyakarta-Gambir) 700 kursi, Taksaka Malam (Yogyakarta-Gambir) 700 kursi, Lodaya (Solo-Bandung) 964 kursi, dan Sancaka (Yogyakarta-Surabaya Gubeng) 1.152 kursi.

Eko mengatakan bagi masyarakat yang ingin memesan tiket KA tambahan Lebaran dapat dilakukan melalui “website” KAI, aplikasi KAI “access”, “contact center” 121, atau melalui berbagai saluran eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI.

Selain itu, KAI menegaskan “server” KAI sejak hari pertama penjualan tiket Lebaran pada 17 Maret 2017 hingga sekarang tidak pernah mengalami “down”, termasuk saat puncak penjualan tiket KA reguler pada 24 Maret 2017.

Menyinggung soal kesulitan membeli tiket via “online”, Eko memberikan beberapa cara mendapatkan KA tambahan Lebaran antara lain koneksi internet yang stabil selama proses pencarian tiket.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat juga dapat mencari alternatif tanggal atau rutenya, karena KA tambahan Lebaran akan diluncurkan bersamaan untuk keberangkatannya mulai 15 Juni hingga 6 Juli 2017.

Masyarakat juga dapat mencari alternatif tiket terusan misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Pasarsenen-Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang.

“Cara lainnya adalah mengakses tiket1.kereta-api.co.id, tiket2.kereta-api.co.id, dan tiket3.kereta-api.co.id,” kata Eko.

Bahkan, lanjut dia, masyarakat yang akan menggunakan jasa angkutan KA dengan membeli tiket melalui “channel eksternal” baik melalui minimarket maupun situs penjualan yang telah bekerja sama dengan KAI.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...