Jowonews

Logo Jowonews Brown

Tim Gabungan Berupaya Padamkan Lereng Selatan Gunung Slamet

Gunung Slamet Waspada. (Foto : IST)
Gunung Slamet Waspada. (Foto : IST)
Gunung Slamet Waspada. (Foto : IST)

Banyumas, Jowonews.com – Tim gabungan dari Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan Banyumas Timur dibantu TNI/Polri, dan masyarakat berupaya memadamkan kebakaran di lereng selatan Gunung Slamet yang masuk wilayah Kabupaten Banyumas, Selasa (25/8) kemarin.

“Kami telah mengirim tim pendahulu untuk mengecek lokasi. Tim berjumlah 10 orang ini terdiri beberapa unsur,” kata Administrator Perhutani KPH Banyumas Timur Wawan Triwibowo.

Dia mengaku belum mengetahui secara pasti luas lahan yang terbakar karena masih menunggu laporan dari tim pendahulu yang telah mendaki Gunung Slamet sejak Selasa (25/8) pagi. Selain itu, kata dia, lokasi kebakaran cukup sulit karena berada di balik bukit sehingga komunikasi dengan tim pendahulu menjadi terganggu.

“Dugaan sementara lokasi kebakaran berada pada kawasan savana, di petak 58, berdekatan dengan Pos 5 pendakian dengan ketinggian sekitar 2.500 mdpl (meter di atas permukaan laut),” katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan tim kedua untuk mendaki Gunung Slamet dari sisi barat melalui Sungai Jomblang.  Menurut dia, tim kedua tidak naik sampai lokasi melainkan membuat pos di tengah guna menjembatani komunikasi antara tim yang telah berada di atas dan tim yang berada di bawah.

“Kami menduga, kebakaran itu terjadi karena ulah manusia yang teledor seperti saat kebakaran di Rawalo beberapa waktu lalu disebabkan oleh puntung rokok yang dibuang sembarangan,” katanya. (JN03)

BACA JUGA  PKS Akan Usung Ahmadi

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...