Jowonews

Logo Jowonews Brown

Undip Anggarkan Rp 44 Miliar untuk Riset

SEMARANG, Jowonews.com — Universitas Diponegoro Semarang mengalokasikan anggaran sekitar Rp 44 miliar untuk kepentingan riset dan penelitian untuk pengembangan keilmuan.

“Dana riset memang kami tingkatkan. Tahun ini mencapai Rp44 miliar, sementara tahun lalu tidak sampai Rp8 miliar,” kata Rektor Undip Prof Yos Johan Utama di Semarang.

Hal tersebut diungkapkannya di sela upacara pengukuhan dua guru besar Undip, masing-masing dari Fakultas Hukum dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip.

Kedua guru besar Undip yang dikukuhkan itu adalah Prof Eko Soponyono dari FH dan Prof Muslim dari FPIK sehingga saat ini Undip memiliki sebanyak 108 guru besar aktif.

Guru besar FH Undip itu mengakui pentingnya riset dan penelitian untuk memperkuat kajian keilmuan, apalagi visi Undip sebagai “research university” atau universitas riset.

“Sebagai universitas riset, Undip harus banyak melakukan riset. Makanya, penelitian terus kami genjot dengan anggaran yang besar,” kata mantan Dekan FH Undip tersebut.

Namun, Yos mengingatkan upaya yang dilakukan perguruan tinggi tidak bisa hanya berhenti sebatas penelitian, melainkan harus mampu melakukan hilirisasi atas hasil riset.

“Ya, misalkan riset menghasilkan suatu produk. Produk tersebut tidak boleh hanya berhenti di laboratorium. Namun, harus dihilirisasi, seperti ke dunia industri,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...