Jowonews

Logo Jowonews Brown

Universitas Islam Sultan Agung Semarang Peroleh Akreditasi A

SEMARANG, Jowonews.com – Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) Semarang memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi setelah mengajukan banding atas penilaian yang dilaksanakan sekitar setahun lalu.

Rektor Unissula Prabowo Setiyawan di Semarang, Sabtu, mengatakan, perguruan tinggi ini mengajukan banding atas penilaian Badan Akreditasi Nasional pada Maret 2018 yang memberikan akreditasi B.

“Kami mengajukan banding dan divisitasi lagi pada Agustus 2018,” ujarnya.

Dari hasil visitasi tersebut, akhirnya diperoleh akreditasi A yang surat keputusannya disampaikan beberapa hari lalu.

Menurut dia, karena penilaian tersebut didasarkan pada banding atas penilaian Maret 2018, maka akreditasi tersebut berlaku surut untuk setahun ke belakang.

Ia menyebutkan pada penilaian akreditasi Maret 2018, Unissula memperoleh 351 poin.

Atas banding yang diajukan, lanjutnya Unissula berhasil meraih 361 poin yang akhirnya memperoleh predikat akreditasi A.

Menurut dia, terdapat sejumlah kategori kualitatif yang diperbaiki hingga akhirnya meningkatkan perolehan poin penilaian.

“Dalam penilaian akreditasi ada aspek kuantitatif dan kualitatif yang dijadikan dasar penilaian berdasarkan hasil Maret 2018. Untuk aspek kuantitatif datanya bersifat final,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia perbaikan dilakukan pada aspek kualitatif yang meliputi 51 butir penilaian.

“Perbaikan yang kami lakukan lebih pada penyampaian narasi aspek yang dinilai, menyampaikan penjelasan yang lebih informatif atas data kuantitatif yang kami berikan,” terangnya.

Ia menuturkan dengan akreditasi A tentunya muncul tanggungbjawab berat untuk mempertahankannya agar jangan sampai terjadi penurunan kualitas.

Oleh karena itu, menurut dia Unissula sudah menyusun rencana kerja hingga 20 tahun ke depan yang memedomani 9 standar sistem yang telah ditetapkan.

“Mulai diterapkan 1 April. Program kerja, pendanaan, hingga fasilitas sudah disiapkan untuk menjaga mutu Unissula,” tegasnya. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Paslon Mulai Tebar Uang Rp 25 Ribu-Rp 100 Ribu

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...