Jowonews

Logo Jowonews Brown

UNS akan Bikin Museum Tahun Depan

SOLO, Jowonews.com – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Ravik Karsidi mengatakan bahwa museum mempunyai peran sangat penting, sehingga UNS tahun depan harus sudah membuat dan mempunyai museum.

Museum mempunyai tiga arti yang penting, yaitu pendidikan, budaya, dan pariwisata, kata Rektor UNS Ravik Karsidi, ketika meresmikan acara “Museum Goes to Campus 2016”, di Auditorium UNS Solo, Selasa.

“Ya, apa-apa yang sudah dipamerkan dalam acara ini bisa dijadikan awal pengumpulan benda-benda yang nantinya mengisi ruangan museum di UNS,” kata Ravik, seraya menyatakan ruangan museum itu di gedung perpustakaan lantai tiga.

Ia mengatakan sementara museum dapat memakai ruangan tersebut dulu dengan luas sekitar 900 meter persegi, dan nanti kalau sudah penuh isinya dibuatkan gedung baru.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Hari Widianto mengatakan di Indonesia terdapat sebanyak 428 museum, baik milik pemerintah pusat, daerah maupun swasta, dan sebagian besar dalam tipe B dan C.

Dia mengatakan museum adalah sarana edukasi, rekreasi dan informasi yang relatif lengkap.

Menurutnya, dalam konteks penguatan jati diri dan pembangunan karekter bangsa, museum dengan koleksi dan riwayat kesejarahannya adalah penjaga memori kolektif bengsa sekaligus pewaris nilai-nilai sejarah yantg harus dilestarikan dan disosialisasikan kepada masyarakat terutama generasi muda.

Acara yang digelar UNS tersebut diikuti oleh 22 museum yang berasal dari Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Solo, Sukoharjo, dan lain-lain, dan dibuka dari tanggal 8-13 November 2016. (jn03/ant)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...