Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

UNS Buka Fakultas Olahraga Tahun Depan

SOLO, Jowonews.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dalam tahun akademik 2017/2018 akan membuka Fakultas Olahraga yang merupakan pengembangan dari program studi (Prodi) Kepelatihan dan Prodi Jasmani dan Rekreasi.

“Kami menargetkan pada tahun akademik 2017/2018, keinginan untuk memiliki Fakultas Olahraga bisa terwujud,” kata Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS di Solo, Rabu.

Ia mengatakan saat ini UNS hanya memiliki dua prodi keolahragaan yang menginduk pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Kedua prodi tersebut berkapasitas maksimal 160 mahasiswa.

Padahal, lanjutnya, dengan menjadi fakultas akan dapat menampung lebih banyak lagi, sehingga kapasitas dosen menjadi meningkat. Selain itu UNS juga memiliki Program S-2 dan S-3.

Ravik Karsidi mengatakan dengan menjadi fakultas, setidaknya nanti UNS bisa menerima hingga 300 mahasiswa di Fakultas Keolahragaan tersebut.




Ia mengatakan terkait dengan persyaratan yang diajukan ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sejauh ini telah memenuhi syarat. Setidaknya, akan mengelola program studi, yakni dua program studi S1, S2 dan S3.

Dikatakan untuk mempersiapkan pembukaan Fakultas Olahraga yang baru, Rektor menyatakan jika sejumlah sumber daya manusia yang menangani sudah mulai diberikan berbagai pelatihan.

Dikatakan, sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki UNS saat ini, di antaranya dosen dan juga pakar kebijakan olahraga, di samping sarana dan prasarana, sehingga sudah saatnya, Prodi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (POK) pada FKIP UNS menjadi Fakultas Keolahragaan.

Rektor mengatakan sejauh ini, prodi olahraga itu peminatnya cukup banyak. Bahkan akreditasi program studi itu sudah A. “Semuanya sudah berakreditasi A. Berarti dari segi kualitas sudah cukup bagus,” katanya.

Menyinggung penerimaan calon mahasiswa yang berbakat olahraga, Ravik Karsidi mengatakan masih terus berlangsung, tetapi yang harus mempunyai prestasi tingkat nasional dan internasional, silakan masuk di UNS.

Calon mahasiswa yang mempunyai prestasi tingkat nasional atau internasional tidak hanya di Fakultas Keolahragaan tetapi juga bisa memilih yang lain, hanya saja kalau di Fakultas Kedokteran ada persayaratan khusus, katanya. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...