Jowonews

Logo Jowonews Brown

UNS Dukung Pengawasan Tenaga Nuklir

SOLO, Jowonews.com — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berupaya mendukung pengawasan ketenaganukliran melalui kerja sama dengan Badan Pengawas Tenaga Nuklir.

“Kerja sama ini bertujuan untuk saling menunjang dalam meningkatkan keselamatan, keamanan, dan ketentraman pekerja serta masyarakat. Selain itu juga untuk memberikan perlindungan terhadap lingkungan hidup dari bahaya radiasi dan kontaminasi radioaktif dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki demi kemajuan bersama,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Sutarno di Solo, Senin.

Ia berharap melalui kerja sama tersebut akan terwujud peningkatan efektivitas pengawasan ketenaganukliran melalui pendidikan, penelitian, pengembangan sumber daya, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Ruang lingkup kerja sama meliputi pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan tenaga ahli, kajian ilmiah atau penelitian dalam rangka mendukung pengawasan ketenaganukliran,” katanya.

Sedangkan untuk pengabdian kepada masyarakat, dikatakannya, terdiri dari diseminasi informasi dan konsultasi publik, serta beberapa kegiatan lain yang disepakati kedua belah pihak dalam kerangka pengembangan tugas dan fungsi masing-masing.

“Untuk jangka waktu kerja sama ini berlangsung selama lima tahun terhitung nota kesepahaman ini ditandatangani, dan dapat diperpanjang untuk kerja sama selanjutnya,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...