Jowonews

Logo Jowonews Brown

Vinales Juara MotoGP Argentina

BUENOS AIRES, Jowonews.com – Pembalap Maverick Vinales kembali tampil sebagai juara di balapan kedua MotoGP musim ini di Argentina. Vinales juara tanpa kesulitan berarti usai jatuhnya Marc Marquez.

Dalam balapan yang berlangsung di Autodromo Termas de Rio Hondo, Senin (10/4/2017) dinihari WIB, Marquez yang membela panji Repsol Honda sempat memimpin selepas start. Dia langsung melesat dari posisi terdepan, sementara satu insiden terjadi di tikungan pertama di mana rider Ducati Jorge Lorenzo terjatuh.

Marquez memimpin dengan cukup nyaman dan membuka jarak atas rider LCR Honda Cal Crutchlow di posisi dua, diikuti duo Movistar Yamaha yakni Vinales dan Valentino Rossi di posisi 3-4. Tapi kemudian Marquez terjatuh di putaran keenam, sementara sebelumnya Vinales sudah berhasil melewati Crutchlow.

Vinales pun memimpin, lalu tak tersentuh lagi sampai mencapai garis finis. Rossi sempat kesulitan melewati Crutchlow, tapi akhirnya mampu dan finis kedua. Crutchlow naik podium ketiga.

Sementara Movistar Yamaha menempatkan dua pebalapnya di posisi 1-2, nasib buruk menghinggapi dua tim pabrikan lainnya di seri ini, yakni Repsol Honda dan Ducati. Jatuhnya Marquez disusul Dani Pedrosa, sementara Andrea Dovizioso juga mengikuti jejak Lorenzo yang mengakhiri balapan di gravel.

Marquez langsung melesat setelah start dan membuka jarak. Sementara Jorge Lorenzo langsung terjatuh di tikungan pertama usai menyenggol bagian belakang motor Andrea Iannone

Cal Crutchlow di posisi dua, diikuti Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Danilo Petrucci di lima terdepan. Dani Pedrosa, Karel Abraham, Jonas Folger, Andrea Dovizioso, dan Alvaro Bautista melengkapi 10 besar.

Di putaran ketiga, Vinales melewati Crutchlow. Saat itu Marquez sudah unggul dua detik di posisi terdepan.

Marquez terjatuh! Pebalap Repsol Honda ini kehilangan daya cengkeram ban depan saat memasuki tikungan kedua dan gagal melanjutkan balapan, menyusul Lorenzo. Vinales mengambil alih posisi terdepan, diikuti Crutchlow dan Rossi.

Tiga terdepan masih bertahan sampai putaran ke-8. Petrucci di posisi empat mendapatkan tekanan dari Pedrosa, sementara Johann Zarco tak terlalu jauh. Bautista, Dovizioso, Folger, dan Aleix Espargaro melengkapi 10 terdepan. Di putaran ini, Alex Rins terjatuh.

Di putaran ke-10, Vinales sudah membuka jarak hingga 1,2 detik atas Crutchlow. Rossi mulai mencoba menyerang Crutchlow untuk posisi dua. Persaingan ketat berlangsung di belakang mereka.

Zarco melewati Pedrosa dan Petrucci secara berurutan untuk merebut posisi empat. Bautista di posisi tujuh, diikuti Dovizioso, Aleix Espargaro, dan Folger.

Pedrosa melakukan manuver berani untuk melewati Zarco di putaran ke-11, nyaris bersentuhan. Selanjutnya Bautista melewati Petrucci untuk merebut posisi enam. Belum ada perubahan di tiga terdepan.

Di putaran ke-13, Pedrosa terjatuh di tikungan yang sama dengan rekan setimnya, Marquez. Bautista di posisi empat, lalu Zarco, Petrucci, Dovizioso, Aleix Espargaro, Folger, dan Scott Redding.

Vinales sudah membuka jarak hingga dua detik di putaran ke-14, sementara Rossi masih kesulitan melewati Crutchlow. Di putaran ke-16 Aleix Espargaro terjatuh di tikungan, lalu menyeret Dovizioso di depannya.

10 putaran tersisa, Vinales nyaman memimpin diikuti Crutchlow dan Rossi di zona podium. Bautista, Zarco, Petrucci, Folger, Redding, Jack Miller, dan Abraham mengikuti di 10 besar.

Di putaran ke-18, Rossi sukses melewati Crutchlow untuk merebut posisi dua jelang tikungan kelima. Vinales sudah jauh memimpin dengan jarak 2,6 detik.

Vinales terus memperlebar jarak dengan Rossi di posisi dua. Sementara Crutchlow tak melepaskan Rossi dari pandangannya. Di posisi empat, Bautista mendapatkan tekanan serius dari Zarco.

Hingga putaran terakhir, Vinales memimpin dengan amat nyaman. Dia menyentuh garis finis dengan jarak lebih dari tiga detik di depan Rossi yang finis kedua. Crutchlow naik podium ketiga.

Bautista mampu mempertahankan posisi empat dari Zarco. Posisi enam ditempati oleh Folger, diikuti Petrucci, Redding, Miller, dan Abraham yang melengkapi 10 besar. Di belakang mereka adalah Loris Baz, Tito Rabat, Hector Barbera, Pol Espargaro, Bradley Smith, dan Iannone.

Dua kemenangan dari dua balapan, Vinales memimpin klasemen kejuaraan dunia dengan 50 poin. Rossi mengikuti dengan nilai 36 di tempat kedua, disusul Dovizioso dengan 20 angka. Sementara Marquez, sang juara bertahan, masih tertahan di posisi delapan dengan 13 poin. (JWN3)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...