Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Wagub Jateng: Pengisian Data Sensus Penduduk Online Tidak Sulit

SEMARANG, Jowonews.com – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyebut proses pengisian data pada Sensus Penduduk 2020 yang bertujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan yang valid dan akurat itu mudah serta tidak membutuhkan waktu yang lama.

“Saya, istri, serta anak-anak saya sudah melakukan Sensus Penduduk 2020 secara ‘online’ atau mandiri. Tidak sulit kok, cuma butuh kartu keluarga, nomor induk kependudukan, dan surat nikah, lalu kita ketik di website sensus.bps.go.id, kemudian mengisi nomor KK dan seterusnya sampai selesai,” katanya di Semarang, Kamis.

Menurut Gus Yasin, sapaan akrab Wagub Taj Yasin Maimoen, data hasil Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan serentak di seluruh penjuru nusantara per 15 Februari 2020 akan mempermudah pemerintah dalam menangani berbagai persoalan negara.

Data kependudukan tersebut, kata dia, akan digunakan sebagai data dasar membuat regulasi dan kebijakan di berbagai bidang.

Selain itu, Sensus Penduduk 2020 merupakan momentum tepat untuk menyediakan data kependudukan yang akurat, mutakhir, dan relevan sebagai landasan merumuskan kebijakan dan merencanakan pembangunan.

Sensus Penduduk 2020 juga akan menjadi titik tolak transisi budaya masyarakat, dan mewujudkan satu data kependudukan Indonesia.

“Saya mengajak masyarakat Jateng untuk aktif dalam Sensus Penduduk 2020. Kalau biasanya kita didatangi, sekarang kita yang aktif agar terdata. Ini tidak hanya memberi manfaat kepada pemerintah, tapi juga masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Tengah Sentot Bangun Widoyono mengatakan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 “online” di Jateng berjalan lancar, bahkan perkembangan pendataan penduduk secara daring sudah cukup bagus karena adanya koordinasi yang baik dengan berbagai pihak.

“Progres Sensus Penduduk Online (SPO) sudah cukup bagus karena kami berkoordinasi dengan dinas-dinas di kabupaten dan kota, serta dengan perangkat desa, banyak kepala desa melakukan sosialisasi hingga tingkat RT. Selain itu kami juga ada program pengisian bareng, salah satunya di sekolah-sekolah,” katanya.

BACA JUGA  Perda Provinsi Jateng Cerdas Gencar Disosialisasikan Pemprov

Disebutkan, BPS Jateng menargetkan peserta sensus daring 2020 di Jawa Tengah mencapai 25 persen dan dirinya optimistis dapat mencapai target karena pelaksanaan SPO di beberapa daerah berjalan lancar dan cepat. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...