Jowonews

Logo Jowonews Brown

Wali Kota: Kampung Bahari Tambaklorok Rampung Akhir Tahun

SEMARANG, Jowonews.com – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menargetkan proyek pembangunan Kampung Bahari Tambaklorok Semarang akan dirampungkan pada akhir 2018.

“Target kami, akhir 2018 proyek pembangunan Kampung Bahari Tambaklorok akan tuntas dan terwujud,” katanya, saat berdialog dengan warga Tambaklorok, Semarang, Rabu.

Diakui politikus PDI Perjuangan yang akrab disapa Hendi itu, pembangunan kampung bahari merupakan salah satu upaya membenahi kawasan permukiman yang semula kumuh.

Ia menjelaskan proyek pembangunan Kampung Bahari Tambaklorok yang dimulai sejak 2016 memang tidak mudah, tetapi berbagai persoalannya sudah diurai satu-persatu.

“Saya sendiri turun ke masyarakat untuk mendengarkan langsung aspirasi dan permintaan warga Tambaklorok dan sekitarnya,” kata orang nomor satu di Kota Semarang itu.

Sebenarnya, kata dia, hanya perlu sosialisasi intens kepada masyarakat Tambaklorok untuk meyakinkan bahwa pembangunan kawasan itu akan membuat lebih sehat, nyaman, dan menarik wisatawan.

Ada juga, kata Hendi, pembangunan pasar yang awalnya pedagang menolak direlokasi, tetapi sekarang ini sudah mulai bergeser dan Senin (26/2) akan pindah semuanya.

Persoalan lainnya yang masih dihadapi, lanjut dia, mengenai pembebasan lahan dan rumah yang akan dijadikan akses menuju dermaga dengan panjang 378 meter dan lebar 20 meter.

“Kalau dulu, ada beberapa warga yang tidak mau dibebaskan, sekarang sudah mau menerima. Kami akan bayar pada Oktober 2018 melalui APBD Perubahan Kota Semarang 2018,” katanya.

Untuk pembangunan jalan akses menuju dermaga, kata Hendi, sudah mulai dilakukan pembetonan meski sampai sekarang belum menunjukkan progres yang signifikan, baru 20 persen.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang I Gede Made mengungkapkan hampir seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) bertanggung jawab dalam pengembangan kampung bahari.

“Untuk Dinas Perikanan, memberikan bantuan kapal dan pelampung. Yang lainnya, misalnya, Dinas Koperasi dan UMKM memfasilitasi kredit, Dinas Perindustrian memberikan pelatihan,” katanya. (JWN3/ANt)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...