Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Wali Kota Tripoli Tertarik Pengelolaan Sampah Semarang

SEMARANG, Jowonews.com — Wali Kota Tripoli Ahmed Kamareddine menyatakan ketertarikannya atas pengelolaan sampah oleh Pemerintah Kota Semarang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang.

Hal tersebut terungkap dalam kunjungannya di Kota Semarang, Senin (16/10), untuk penandatanganan LoI (letter of interest) sebagai “sister city” antara kedua kota yang diterima langsung Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Menurut Ahmed, persoalan sampah di Kota Tripoli, Libanon, sekarang ini menjadi persoalan besar yang memerlukan penanganan, mengingat jumlah limbah sampah terus mengalami peningkatan, padahal Libabon adalah negara kecil.

Semula, kata dia, pihaknya sebenarnyanya sudah melakukan upaya daur ulang sampah sebanyak 350 ton/hari. Akan tetapi, jumlahnya meningkat signifikan menjadi 450 s.d. 500 ton/hari dengan datangnya pengungsi dari Suriah.

Untuk itulah, dia memandang perlu mempelajari apa yang sudah dilakukan kota-kota lainnya untuk mengatasi persoalan sampah, termasuk Semarang yang sudah melakukan pengelolaan limbah sampah di TPA Jatibarang.

Selain itu, Ahmed mengatakan bahwa kedatangannya juga untuk menjalin kerja sama di bidang pariwisata sekaligus kemungkinan bidang lain, seperti ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, infrastruktur yang saling menguntungkan.

Staf Bidang Fungsi Politik Kedutaan Besar Indonesia di Beirut Miftahuddin Ahimy menambahkan bahwa Kota Semarang dan Tripoli sebenarnya memiliki sejumlah kesamaan, khususnya dalam peninggalan berkaitan dengan sejarah Islam.

“Tripoli merupakan kota kedua setelah Mesir yang memiliki banyak peninggalan sejarah Islam. Untuk itu, jika selama ini ada jemaah haji atau umrah hanya mendapat tawaran wisata ke Turki atau Mesir, kami tawarkan ke Libanon,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...