Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Walikota Salatiga Minta PNS Tak Takut Garap Proyek

Walikota Salatiga Yuliyanto. (Foto : IST)
Walikota Salatiga Yuliyanto. (Foto : IST)
Walikota Salatiga Yuliyanto. (Foto : IST)

SALATIGA, Jowonews.com– Walikota Salatiga Yuliyanto meminta kepada para PNS di lingkungan Pemkot Salatiga untuk bekerja keras dan sadar akan fungsi dan perannya sebagai abdi negara. Dia juga menekankan kepada para PNS untuk tidak takut dalam melaksanakan program pembangunan ( proyek) yang sudah direncanakan.

“Sekali lagi jangan ada lagi ketakutan-ketakutan atau paranoid, yang mengakibatkan terhambatnya pelaksanaan program kegiatan yang telah direncanakan. Sehingga tidak menghambat program pembangunan,” ujar Walikota Salatiga didampingi Wawali Muh. Haris Yuliyanto saat apel luar biasa di halaman balaikota, Senin (5/1).

Ditambahkan Kapolres, Pemkot Salatiga telah berkomitmen dengan Polres Salatiga dan Pengadilan Negeri untuk bersama-sama mengawal proses pelaksanaan proyek.

“Jangan jadikan ini sebagai alasan ketakutan, melainkan justeru sebagai semangat dan benteng bagi kita, untuk dapat segera menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Dikatakan dia, di awal tahun 2015 ini, pihaknya ingin mengajak kepada para PNS  berkaitan dengan tugas dan fungsi  sebagai aparat dalam mengemban tugas pemerintahan dan pembangunan.

“ Saya minta agar seluruh jajaran Pemkot Salatiga untuk bersiap-siap melaksanakan program dan kegiatan yang telah direncanakan. Mengingat RAPBD Tahun Anggaran 2015 telah ditandatangani pada tanggal 23 Desember 2014 dan telah disetujui Gubernur Jawa Tengah,”katanya.

“Hal ini merupakan amanah dan juga tanggung jawab bagi segenap aparatur untuk mengoptimalkan anggaran sehingga dapat mencapai target dan tepat sasaran,”imbuhnya.

Dikatakan Walikota, bila pembangunan tertunda atau gagal, maka yang dirugikan masyarakat. Maka dari itu, ia menekankan kepada para PNS di SKPD yang ada untuk dapat melaksanakan program pembangunan di satuan kerjanya masing-masing.

Sementara Wakil Walikota Muh. Haris menambahkan, perlu merubah pola pikir PNS adalah kaum priyayi, menjadi pola pikir PNS adalah abdi negara dan masyarakat.

BACA JUGA  Banyak Program Yang Mandek, Walikota Awasi Langsung Kinerja SKPD

“Mari kita ubah pola pikir bahwa PNS adalah priayi. Kita harus menjadi birokrasi wira usaha, satu melayani, proaktif dan tidak pasif dan berorientasi kepada kepuasan masyarakat,” tandas Muh Haris.

Diketahui, sisa anggaran pembangunan ( Silpa) Kota Salatiga di tahun 2014 lalu kurang lebih Rp 200 miliar. Banyak program pembangunan yang sudah direncanakan namun tidak terserap atau dilaksanakan. Salah satu alasannya, para PNS, takut bila nantinya proyek pembangunan itu bersentuhan dengan hukum. (JN01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...