Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Walikota Surakarta Pastikan Tak Ada Jual beli Jabatan

SOLO, Jowonews.com – Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menjamin pengisian jabatan pada organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru terbebas dari praktik jual beli dan makelar jabatan, Ini semata-mata demi terwujudnya pemerintahan yang bersih dan berwibada.

“Ya dalam hal ini kita akan melibatkan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dalam pengisian personel OPD,” katanya di Solo, Jumat (30/9).

Ia mengatakan pengisian jabatan pada OPD Kota Surakarta tersebut akan dilakukan paling lambat Desember mendatang. Dirinya akan memproses secara hukum terhadap oknum pegawai dan pejabat di daerah setempat yang terbukti mencari keuntungan diri sendiri terkait dengan pengisian jabatan di OPD setempat.

Sanksi hukuman untuk pegawai negeri sipil yang terbukti melakukan praktik tersebut atau menerima gratifikasi karena menjanjikan jabatan kepada seseorang, katanya, hingga penurunan jabatan atau pangkat.

“Jadi tidak ada jual beli di Solo, saya jamin tidak ada. Di Solo jadi kepala dinas itu tidak ada pasalnya membayar. Kalau sampai ada yang main-main ‘tak’ kenakan sanksi bisa diturunkan dari jabatan itu. Apalagi makelar jabatan, ‘tak’ sikat dua-duanya. ‘Tak’ proses hukum sebagai penyuapan,” katanya.

Sekrertaris Daerah Pemkot Surakarta Budi Yulistianto mengatakan seleksi jabatan eselon II merujuk aturan yang berlaku. Syarat yang harus dipenuhi, diantaranya kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan, dan rekam jejak jabatan, serta integritas.

“Ya dari hasil pembagian urusan tugas SOTK baru, kita membutuhkan enam pejabat eselon II untuk mengisi kursi kepala dinas,” imbuhnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...