Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Wantimpres Serap Aspirasi Petani Tembakau

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Persoalan industri rokok termasuk petani tembakau menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Bahkan Tim Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang dipimpin Suharso Monoarfa turun langsung melihat kondisi petani tembakau di Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (8/9).

Selain melihat realitas kehidupan petani tembakau di daerah tersebut, kunjungan mereka juga sekaligus menyerap aspirasi petani tembakau. Salah satu yang kemarin dikunjungi adalah Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, yang dikenal sebagai penghasil tembakau terbaik yakni tembakau srinthil.

Di Desa Legoksari, selain melakukan pertemuan dengan para petani, Watimpres juga melihat langsung kondisi tanaman tembakau di kawasan lereng Gunung Sumbing tersebut. Setelah bertemu dengan warga Legoksari, Watimpres selanjutnya mendatangi perwakilan pabrik rokok yang ada di daerah itu untuk melihat transaksi perdagangan tembakau.

Suharso mengatakan kedatangannya untuk mendapatkan data dan informasi secara langsung tentang kehidupan petani yang kemudian akan dijadikan bahan masukan untuk kebijakan presiden. “Kami juga ingin tahu bagaimana kemitraan petani dengan pabrik rokok,” katanya.

Ia menuturkan setiap daerah mempunyai keunggulan komoditas. Keunggulan ini jangan sampai dihilangkan atau dipatahkan oleh regulasi, namun justru harus diusahakan untuk dipertahankan. Kabupaten Temangggung sebagai daerah penghasil tembakau maka harus dilihat bagaimana masyarakat dapat bertahan dengan komoditas tersebut.

Ia menuturkan petani harus konsentrasi dalam budi daya tembakau dan tidak ikut serta larut dalam perdebatan kontroversi tembakau dan rokok. Konsentrasi dibutuhkan agar didapat kualitas tembakau terbaik yang dapat menangkal tembakau impor. “Petani konsentrasi saja budi daya tembakau, presidan pasti buat kebijakan prorakyat,” tuturnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...