Jowonews

Logo Jowonews Brown

Widih, ITS Bawa Mobil Bahan Bakar Minyak Jelantah ke Rally Dakkar

SURABAYA, Jowonews.com — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan dua mobil listrik yakni “BLITS” yang murni bertenaga listrik dan “Hybrid Series Kasuari” yang memiliki tenaga listrik dengan minyak goreng bekas untuk mengikuti ajang Rally Dakar 2019.

Peluncuran di Gedung Riset Mobil Listrik Nasional, ITS, Senin malam, juga dihadiri pihak pendukung yakni LPDP, Kementerian Ristek Dikti Indonesia, Universitas Budi Luhur, PT. Pertamina (Persero), PT. Goodyear Indonesia, Tbk, PT. Dharma Lautan Utama, dan Yamitala Outdoor Gear.

“Ini bukan semata-mata inovasi teknologi yang telah dibuat ITS, tapi suatu perwujudan mimpi yang luar biasa karena tentunya tidak mudah mencapai jarak 15.000 kilometer dari Sabang sampai Merauke,” ujar Rektor ITS Prof Joni Hermana usai launching.

Joni mengatakan mobil ini sementara masih menjadi sebuah prototype. Namun ITS membuka peluang lebar-lebar jika ada beberapa pihak yang ingin berinvestasi dan mengembangkan mobil ini lebih baik.

Dia berharap adanya mobil listrik ini bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat. Karena mobil listrik memiliki beberapa keunggulan selain ramah lingkungan juga tenaganya bisa ditemukan di mana-mana.

“Semoga ada pihak yang bersedia melanjutkan hingga bisa menjadi produk masyarakat. Saya kira ke depan produk kendaraan tenaga listrik adalah kendaraan yang menjadi pilihan,” ucap Joni.

Dengan banyaknya dukungan yang diberikan pihak lain kepada mobil listrik ITS, Guru Besar Teknik Lingkungan ITS itu berharap bisa menjadi inspirasi bagi Indonesia untuk mengembangkan mobil listrik lebih baik lagi.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...