Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Wisata Alam Kalipasang Kopeng, Pesona Jajaran Hutan Pinus Yang Estetik

Pesona Wisata Alam Kalipasang Kopeng

Pesona Wisata Alam Kalipasang Kopeng bisa menjadi destinasi liburan akhir pekan Anda bersama keluarga. Wisata alam ini didominasi oleh vegatasi pinus merkusi yang lebat dan berjajar rapi. Sehingga udara di lokasi ini sangat sejuk dan segar.

Wisata gunung tidak hanya bisa dinikmati untuk pandakian menuju puncak gunung. Tapi juga bisa dinikmati di kaki gunung. Hamparan sawah yang mengelilingi, udara sejuk serta pemandangan gagahnya gunung yang bisa dilihat di kaki gunung. Selain itu bisa juga digunakan sebagai area berkemah.
 
Seperti di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ini yang bernama Pesona Wisata Alam Kalipasang. Area perkemahan ini di dominasi oleh vegetasi tegakan Tusam atau Pinus Merkusi yang menjulang tinggi, lebat dan berjajar rapi. Selain indah juga udara sejuk serta suara hembusan angin yang terdengar menambah suasana menjadi romantis. Karena jajaran pinus yang sangat lebat, membuat matahari hanya samar-samar terlihat dari bawah.

Suasana Hutan Pinus Kalipasang tambah indah saat pagi menjelang. Sinar matahari yang mulai muncul menembus rapatnya tegakan Tusam, menciptakan lukisan alam yang berbeda dan mempesona. Dengan suasana seperti ini, sangat cocok sebagai tempat untuk melepas penat, mengembalikan kesegaran jiwa dan raga setelah penatnya beraktivitas.



Area perkemahan Kalipasang Merbabu ini juga bisa dikunjungi tanpa harus berkemah. Hanya sekadar berjalan-jalan diantara tegakan Tusam yang menjulang, menghirup udara segar sebanyak-banyaknya khas Gunung Merbabu, juga berfoto. Disediakan jalur berupa tangga sejauh 500 meter. Jika mengikuti jalur yang telah disediakan, akan berakhir di ujung jalan hingga bertemu dengan bangunan tower. Cukup 10 sampai 15 menit menuju ujung dengan berjalan santai. Suasananya masih sangat alami, tanpa banyak embel-embel yang dibuat-buat.
 
Fasilitas yang disediakan di wisata Kalipasang Kopeng juga cukup lengkap. Ada area parkir yang luas dan aman, toilet, mushola, teater alam, pendopo yang luas untuk acara-acara bersama.
 
Wisata Kalipasang ini bukan hanya sebagai area berkemah dan berwisata, tapi juga sebagai rumah bagi para hewan seperti burung dederuk, kutilang, pentet, prenjak, dan lain-lain. Selain pinus juga ada berbagai macam tanaman seperti akasia dekuren, cemara gunung, puspa, tembelekan, dan lain sebagainya.
 
Lokasi Wisata Alam Kalipasang ini sangat mudah di akses baik dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda 4, bisa diakses melalui rute dari arah timur (Kota Salatiga) sejauh 16 kilometer, juga dari arah barat (Kota Magelang) sejauh 30 kilometer.
 
Tiket masuk cukup membayar Rp 7.500 per orang. Cukup terjangkau ya. Namun tetap ingat untuk menjaga kebersihan di lokasi wisata manapun yang dikunjungi.

BACA JUGA  Pantai Nampu, Keindahan Tersembunyi di Wonogiri

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...