Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Pantai Tirang, Surga Tersembunyi Semarang yang Memikat

Pantai Tirang Semarang

SEMARANG – Sektor pariwisata terus menjadi fokus utama dalam pengembangan Kota Semarang, dan salah satu destinasi unggulan yang menarik perhatian banyak wisatawan adalah Pantai Tirang, sebuah surga tersembunyi yang terletak di kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu.

Pantai Tirang mempesona dengan luasnya, mencapai sekitar 240,70 hektar. Pengunjung dapat menikmati beragam aktivitas di sini, mulai dari bermain pasir hingga menikmati keindahan senja yang menawan.

Meskipun tidak memiliki pasir putih, pasir di Pantai Tirang sangat halus, memungkinkan pengunjung untuk bermain dengan nyaman. Tak hanya itu, keindahan sunset dan panorama sunrise yang memukau bisa dinikmati dengan harga tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp 10.000,00.

“Bersih, enak, seger melihatnya, buat nyantai-nyantai oke, buat ngobrol-ngobrol sambil menikmati pemandangan pantai juga asyik,” ujar Yanti, salah seorang pengunjung.

Selain keindahan pantainya, Pantai Tirang juga memiliki tambak ikan dan hutan bakau yang menambah pesonanya. Tambak ini dimiliki oleh warga sekitar, sementara pemerintah menanam hutan bakau untuk mengurangi abrasi.

Pantai ini juga menjadi surga bagi para penggemar memancing dengan berbagai spesies ikan laut yang bisa ditemui di sini. Namun, untuk menjaga ekosistem, udang dan lobster tidak diperbolehkan dibawa pulang.

Dio Hermansyah, ketua Pokdarwis Tambakharjo, menegaskan bahwa keselamatan pengunjung menjadi prioritas. “Kami bekerja sama dengan pihak terkait untuk memastikan keamanan pengunjung,” ungkapnya.

Di samping itu, Pantai Tirang juga menawarkan berbagai lokasi yang cocok untuk pengambilan foto, dilengkapi dengan gazebo-gazebo warna-warni yang menarik untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan laut.

Meskipun memiliki akses yang terbatas hanya untuk mobil dan sepeda motor, pihak pengelola berharap akan adanya peningkatan aksesibilitas menuju pantai ini untuk memudahkan akses bagi wisatawan.

BACA JUGA  Umbul Nilo Janti Klaten, Umbul Tua Yang Kini Bergeliat Kembali

“Dalam pengelolaan Pantai Tirang, kami juga melibatkan warga sekitar untuk turut memajukan kawasan tersebut,” tambah Dio.

Dengan rencana pengembangan fasilitas seperti banana boat dan jetski, serta peluang bagi UMKM untuk berjualan, Pantai Tirang semakin menjanjikan sebagai destinasi wisata yang menarik di Kota Semarang.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...