Jowonews

Logo Jowonews Brown

Wujudkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan, Pemkot Magelang Gelar Festival Anggaran 2023

Festival Anggaran

KOTA MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang menggelar Festival Anggaran 2023 di di GOR Samapta kompleks Gelora Sanden Magelang, 28 Februari – 1 Maret 2023. Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini menjadi terobosan untuk mewujudkan keterbukaan dan akuntabilitas penyelenggaraan keuangan pemerintah daerah.

Sebanyak 45 tenant dari OPD, kelurahan dan beberapa BUMD Kota Magelang memaparkan hasil kinerja perencanaan, pengelolaan hingga pertanggungjawaban anggaran.

Festival Anggaran Kota Magelang 2023 juga diisi dengan talkshow, kuliah umum oleh Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, dan Cerdas Cermat tingkat SMP se-Kota Magelang.

Ketua Panitia Festival Anggaran 2023 Larsita mengungkapkan, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi secara terbuka dan seluas-luasnya kepada masyarakat tentang transparansi dan akuntabilitas atas capaian keuangan dan anggaran.



“Festival Anggaran 2023 merupakan perwujudan nyawiji dan kolaborasi seluruh stakeholder terkait untuk memberikan masukan, sumbang saran, koreksi, terhadap capaian penyelenggaraan kinerja keuangan Pemkot Magelang,” ungkap Larsita.

Selain itu, demi perbaikan pengelolaan, perencanaan anggaran agar lebih inklusi, akomodatif, partisipatif, berkeadilan, di tahun yang akan datang.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz sangat mengapresiasi penyelenggaraan Festival Anggaran 2023 tersebut.

“Saya melihat ini luar biasa. Saya perintahkan (Festival) dalam tujuh hari langsung jadi, minimal masyarakat tahu secara garis besar apa yangg akan dilakukan oleh OPD,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat pun bisa langsung memberikan masukan-masukan agar penyelenggaraan keuangan lebih baik lagi di masa akan datang.

“Di sini pentingnya, masyarakat memberikan masukan-masukan, mau ngambil manfaatnya apa. Nanti masukan lewat RKM, lalu masuk di anggaran perubahan,” imbuh Aziz.

Azis berharap Festival Anggaran ini bisa menjadi role model terkait dengan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran negara.

BACA JUGA  Kota Magelang Raih Gelar Kota Layak Anak Kategori Nindya

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...