Jowonews

Logo Jowonews Brown

20 Ribu Orang Ikuti Mudik Gratis Pemprov

mudikSEMARANG, Jowonews.com—Pemerintah Provinsi Jateng kembali menyelenggarakan mudik gratis untuk masyarakat. Mudik tersebut direalisasikan bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yang rencananya melalui tiga jalur yakni kereta, truk dan bus, serta kapal.

Pada Lebaran tahun ini, diperkirakan, terdapat 20.000 lebih penumpang yang akan ikut mudik gratis. Hal itu dikemukakan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Jateng Satriyo Hidayat.

Satriyo menjelaskan, khusus mudik dari Pemprov Jateng terdapat 48 bus sewa, ditambah 70 bus dari daerah se-Jateng, dan dari Bank Jateng 50 bus. Dengan demikian, total bus yang akan mengangkut pemudik mencapai 178 bus. Tak hanya lewat bus, Pemprov juga menyediakan kendaraan melalui kereta api dalam dua rangkaian. Tiap rangkaian berisi 608 orang.

“Masing-masing bus kapasitasnya 52 orang, dan kita sewa busnya. Untuk kereta api kita tidak melayani pengangkutan sepeda motor. Karena kita tidak berharap ada sepeda motor masuk di Jateng. Caranya daftar di masing-masing kantor perwakilan Jateng di Jakarta. Jadi siapa yang mudik, mereka nanti juga sekalian balik. Kalau di sekitar Jabar, ya menyesuaikan,” terang Satriyo, kemarin.

Pendaftaran tersebut, lanjutnya, ditutup 1 Juli. Namun, jika kedapatan kuota sudah terpenuhi, maka langsung ditutup. Untuk pemudik yang menggunakan bus dari Pemprov Jateng akan dikumpulkan di anjungan Jateng Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 12 Juli. Sementara, pemudik menggunakan kereta menggunakan dua jalur.

Jalur pertama, terus Satriyo, yakni Jalur Utara dari stasiun Senen ke Semarang pada 14 Juli pukul 07.00 WIB. Sementara, jalur kedua masih di tanggal yang sama melalui Jalur Selatan dari Stasiun Senen menuju Solo, berangkat pukul 12.00 WIB.

Mudik melalui Kementerian Perhubungan, jelasnya, menggunakan tiga jalur menuju Jateng dari Jabar dan Jakarta. Jalur tersebut yakni melalui truk, melalui kereta, dan menggunakan kapal.

BACA JUGA  Eksekusi Pasar Penampungan Ngabul Ditunda

Jalur melalui truk, jelasnya, target kapasitas penumpang mencapai 6.440, dan 2.800 sepeda motor. Target penumpang balik menggunakan truk 920 penumpang, dan 400 sepeda motor. Kota tujuan, di Purwokerto, Tegal, Kebumen, Wonosobo, Magelang, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, dan Tegal. Mereka akan diberangkatkan 10-11 Juli dari pangkalan gedung Bulog Drive I DKI Jakarta.

Pengangkutan dari Kemenhub melalui kapal, terangnya, ditarget 5.000 penumpang dengan 2.500 sepeda motor. Target arus balik sendri sama. Mereka para pemudik akan diberangkatkan melalui Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Tanjung Emas Semarang, dan diberangkatkan pada 12 Juli 2015.

“Untuk pengangkutan melalui kereta api, target yang Kemenhub diangkut ada 4.200 sepeda motor. Mereka diberangkatkan kapan masih menyesuaikan. Kita berharap tidak ada tambahan penumpang dari Jateng ke Jakarta atau Jabar. Sehingga tidak ada orang urban baru di Jakarta,” tandasnya. (JN01)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...