Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemkab Banyumas Dorong UMKM Miliki Daya Saing

BANYUMAS, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memiliki daya saing, kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Banyumas Yunianto.

“Era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) tetap kita sosialisasikan karena yang namanya usaha itu secara otomatis harus memiliki daya saing. Daya saing itu penting tidak hanya di lingkup MEA,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Ia mengatakan bahwa daya saing juga diperlukan di lingkup lokal maupun regional sehingga UMKM di Banyumas jangan sampai ketinggalan dari UMKM daerah lainnya.

Oleh karena itu, kata dia, UMKM di Banyumas harus berkembang dengan tetap mempertahankan ciri khas yang ada.

“Mudah-mudahan dengan era MEA ini tidak adan dampak negatif, justru sebaliknya. UMKM Banyumas harus dapat bersaing tidak hanya di kancah nasional tetapi juga internasional,” katanya.

Terkait hal itu, dia mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap UMKM di Banyumas yang saat ini mencapai lebih dari 66 ribu unit usaha.

Menurut dia, salah satu upaya pembinaan tersebut dilakukan dengan menggandeng perbankan dalam rangka penguatan modal bagi UMKM.

“Kami dengan perbankan juga bekerja sama dalam pembuatan Kartu Usaha Mikro Kecil (KUMK). Saat ini baru selesai sekitar 3.000-an kartu, nanti semuanya diupayakan berkartu itu,” katanya.

Ia mengatakan bahwa KUMK akan memudahkan pelaku UMKM dalam pengelolaan usaha salah satunya saat mengakses kredit dari bank.

Selain itu, kata dia, pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga melaksanakan pelatihan-pelatihan bagi UMKM.

“Kami juga bekerja sama dengan praktisi dalam rangka pengembangan UMKM di Banyumas. Sementara dari Pemerintah Pusat juga ada program sertifikasi tanah gratis dan Banyumas mendapat jatah sebanyak 550 sertifikat,” katanya.

BACA JUGA  Bupati Banyumas: Tahun 2016 Tahun Penguatan Pembangunan Daerah

Dengan adanya sertifikasi tanah tersebut, kata dia, para pelaku UMKM lebih memiliki kepastian dalam menjalankan usahanya serta dapat dijadikan sebagai jaminan untuk mengakses kredit modal usaha dari perbankan. (JN03/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...