Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

PDIP Buka Peluang Calon Kepala Daerah Diluar Kader

SEMARANG, Jowonews.com – Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Tengah membuka peluang calon kepala daerah yang akan diusung pada tujuh pilkada 2017 dari luar kader PDIP.

“Selain menjaring bakal calon kepala daerah dari internal, kami juga membuka pendaftaran untuk masyarakat dari luar kader yang ingin mendaftar diri melalui PDIP,” kata Bendahara DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng di Semarang, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa di Jateng ada tujuh daerah yang akan menggelar pilkada pada 2017 yakni Kabupaten Batang, Brebes, Pati, Jepara, Banjarnegara, Cilacap, dan Kota Salatiga.

Menurut dia, dari tujuh kabupaten/kota itu hanya tiga daerah yang PDIP bisa mengusung calon kepala daerah sendiri terkait dengan perolehan kursi di DPRD setempat.

“Ketiga kabupaten/kota yang kami bisa mengusung calon pilkada sendiri adalah Kota Salatiga, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Batang, sedangkan pada pilkada di empat daerah lainnya, PDIP harus berkoalisi dengan partai lain,” ujarnya.

Kendati pada tiga daerah itu PDIP bisa mengusung calon kepala daerah sendiri, kata dia, belum tentu PDIP akan maju tanpa berkoaliasi dengan partai lain.

“Kemungkinan berkoaliasi dengan partai lain sangat terbuka, termasuk apakah nanti calon yang diusung PDIP itu kader internal atau bukan karena semuanya melalui proses dan kondisi politik di lapangan,” katanya.

Agustina secara khusus berpesan kepada sebelas dari 17 kepala daerah yang memenangi Pilkada 2015 dan telah dilantik pada Februari 2016, agar melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.

“Laksanakan tugas dengan ikhlas dan jangan ‘neko-neko’ apalagi korupsi karena gaji kepala daerah sekarang sudah cukup tinggi,” ujarnya. (jn03/ant)

BACA JUGA  Kejati Siap Dorong Optimalisasi Penyerapan Anggaran

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...